Contoh Esai tentang Kesehatan dalam Bahasa Indonesia Terbaru

Bahasa Indonesiaku - Contoh Esai tentang Kesehatan – Banyak karya tulis yang ditulis oleh siswa untuk melengkapi tugasnya sekolahnya. Karya tulis yang biasa dibuat adalah, cerpen, surat, teks drama, laporan, makalah, dan esai. Pada kesempatan kali ini, akan lebih khusus membahas tentang esai. Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu topik atau masalah secara sepintas dari sudut pandang pribadi penulisnya. Esai digunakan untuk seminar, informasi di media massa dan lain-lain. 
Langkah yang digunakan untuk menulis contoh teks esai adalah menentukan topik, mencari sumber yang berkaitan dengan topik, membaca sumber, menulis hal-hal penting dari sumber, dan memaparkan catatan penting dan mencari solusi berdasarkan sudut pandang penulis. Perhatikan Contoh Esai Tentang Kesehatan berikut ini untuk memperjelas pengetahuan dan pemahaman kalian tentang menulis esai.

Contoh Esai tentang Kesehatan


Hindari Makanan Siap Saji

Dengan kesibukan yang berkepanjangan, sering kali seseorang justru mengabaikan kesehatannya. Mereka hanya berpikiran kenyang dan tidak merasakan keluhan saat itu. Mereka cenderung memilih makanan siap saja yang belum tentu memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Tak memiliki waktu cukup untuk memasak sayur membuat mereka memilih jalan yang praktis. Kebanyakan orang mencari uang untuk menghidupi mereka sendiri tetapi justru tidak memperhatikan kesehatan tubuh mereka sendiri. 

Namun, tahukan mereka bahwa dampak yang terjadi bila kita terlalu sering atau bahkan kecanduan makanan siap saji? Meski tidak semua makanan siap saji berbahaya, ada baiknya bila kita juga tetap memperhatikan makanan siap saji apa saja yang baik dan buruk bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa makanan siap saji yang dapat menggagu kondisi tubuh kita, yaitu French fries, burger, pizza, dan lain-lain. Makanan tersebut dapat menyebabkan kecanduan atau ketagihan. Hal itu dikarenakan adanya zat gula dan pewarna makan juga bumbu perasa yang akan membuat orang tergugah seleranya untuk terus menerus mengkonsumsinya. Selain itu, makanan siap saji juga menjadi salah satu penyebab terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan. Hal itu dikarenakan beberapa makanan siap saji yang menggunakan minyak goring berlebihan, gula atau pemanis buatan, garam, dan bahan pengawet. Yang lebih berbahaya dari makanan siap saji adalah adanya kandungan lemak jahat di dalam makanan itu sendiri. Lemak jahat lebih dikenal dengan sebutan lemak trans atau minyak trans.  Penggunaan minyak atau lemak trans pagi pembuat makanan siap saja adalah membuat makanan siap saji akan bertahan lebih lama dibandingkan bila tanpa menggunakan minyak trans. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi minyak trans akan menyebabkan kerusakan pada hati. Mengapa demikian, karena adanya minyak trans dalam tubuh akan membuat hati bekerja lebih ektra untuk membersihan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh. Penyakit lainnya yang bias diderita oleh orang yang keseriangan mengkonsumsi makanan siap saji adalah radang pada dinding lambung, ketidaknormalan sistem pencernaan, penyebab utama diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, tubuh mengalami kekurangan nutrisi, menyebabkan stress, dan  masih banyak lagi kerugian yang akan dialami oleh tubuh bila terus menerus mengkonsumsi makanan siap saji. 

Makanan siap saji lebih banyak merugikan daripada menguntungkan bagi tubuh manusia. Keuntungan mengkonsumsi makanan siap saji hanya terletak pada kehematan waktu atau praktis. Bagi orangtua atau keluarga yang memiliki kesibukan yang tinggi akan lebih memilih mengkonsumsi makanan siap saji dibandingkan dengan makanan yang melalui olahan dan membutuhkan waktu yang lama. Namun, meskipun demikian ada baiknya bila kita dapat mengatur pola hidup yang sehat. Tidak ada yang menyalahkan ketika kita akan mengkonsumsi makanan siap saji, hanya saja frekuensinya haruslah lebih sedikit dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan olahan yang sehat pula. Menghindari atau mencegah lebih baik daripada mengobati.  Mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna adalah pilihan dan gaya hidup yang baik bagi kesehatan. Selain kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, kita juga akan menjadi lebih sehat dan produktif. 

Dengan menjalankan pola hidup sehat mulai dari memilih dan mengatur pola hidup sehat serta berolahraga secara teratur, maka generasi muda Indonesia akan menjadi generais penerus yang lebih sehat, cerdas, dan produktif dalam segala hal. Membuat negara Indonesia menjadi lebih maju dengan generasi yang handal pun bukan lagi impian. Mulailah dari diri sendiri untuk bersama. Mulailah untuk menyuarakan bahwa sehat itu penting. 


Demikianlah contoh paragraf esai tentang kesehatan diharapakan dengan membaca contoh ini kalian dapat lebih mengetahui tentang bahaya jika tubuh terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji. Selain itu, contoh teks esai tentang kesehatan dapat membantu kalian dalam mengerjakan tugas yang berkaitan dengan esai. Terima kasih 
Contoh Esai tentang Kesehatan dalam Bahasa Indonesia Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5