Contoh kalimat generalisasi beserta penjelasannya lengkap

Bahasa IndonesiakuContoh kalimat generalisasi beserta penjelasannya lengkap – Pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagi materi tentang kalimat generalisasi. Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh, baik dengan cara lisan maupun tulisan. Kalimat ditandai dengan penggunaan huruf kapitan dan diakhiri dengan tanda baca titik (.), seru (!), atau (?). kalimat generalisasi adalah kalimat yang ada berdasarkan hasil generalisasi dari penalaran induktif. Dengan kata lain kalimat yang menjadi kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Perhatikan contoh kalimat generalisasi beserta penjelasannya lengkap berikut ini.

Contoh kalimat generalisasi beserta penjelasannya lengkap


1. Minyak tanah adalah salah satu bahan bakar yang mudah terbakar bila di dekatkan dengan unsur api. Bensin juga merupakan bahan bakar yang justru lebih cepat terbakar dan menyambar bila terkena api. Solar pun juga demikian, bila terkena percikan api sedikit saja akan terbakar. Tentu saja hal itu akan merugikan kita semua. Jadi, semua bahan bakar bila terkena api akan mudah terbakar dan akan merugikan kita semua.

2. Dengan berolahraga, jantung kita akan sehat. Selain itu, dengan berolahraga secara teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh, melancarkan peredaran darah, dan membuat perasaan senang. Berolahraga dan minum susu dapat menguatkan tulang kita. Berolahraga juga membantu kita menurunkan kadar kolesterol. Dengan demikian, banyak manfaat yang akan didapat dari berolahraga.

3. Doni tidak pernah belajar. Dia selalu saja mendapatkan nilai yang jelek untuk ulangan hariannya maupun ujian akhir semesternya. Doni selalu saja mencontek saat ulangan sekolah. Sering sekali dia dipanggil oleh wali kelas atas tindakannya itu. Tapi, Doni selalu saja tidak peduli dengan teguran itu. Dia masih saja terus melakukan hal yang curang saat ujian. Meskipun sudah diberikan jam tambahan untuk belajar, tetap saja Ia tidak bisa mengerjakan soal yang diberikan. Doni memang anak yang cuek, suka mencontek dan bodoh.

4. Buku bila di lempar ke atas pasti akan jatuh karena adanya gravitasi bumi. Pena bila di lempar ke atas juga mengalami hal yang sama, yaitu akan jatuh atau kembali ke bawah dengan adanya gravitasi. Pesawat pun, akan jatuh bila dalam kondisi mesin dimatikan. Dengan adanya gravitasi di bumi ini, semua benda pada dasarnya akan jatuh bila dilempar ke atas.

5. Membaca membuat kita menjadi tahu apa yang belum kita ketahui. Membaca membuat kita memiliki wawasan yang luas. Membaca dapat membatu kita mengerti teori dari suatu hal yang tidak kita ketahui. Membaca menjadikan sesuatu yang rumit menjadi mudah dipahami. Dengan membaca kemampuan berpikir kita juga akan meningkat. Dengan sering membaca, kemampuan membaca cepat kita juga akan meningkat. Dengan membaca menjadi banyak tahu dan bermanfaat bagi masa depan kita.

6. Dengan menggunakan handphone komunikasi kita dapat berjalan dengan lancer. Handphone membuat jarak seakan tidak berarti. Kecanggihan handphone sekarang ini dapat digunakan untuk berbagai hal. Handphone selain dapat digunakan untuk berkomunikasi, juga dapat digunakan sebagai pengambil gambar dan merekam suatu kejadian. Dimasa sekarang ini kehadiran handphone sangat membantu seseorang dalam melakukan pekerjaannya. Handphone memiliki banyak fungsi yang bermanfaat bagi seseorang.

7. Sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu. Tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan, di sekolah kita juga dapat mendapatkan banyak teman dan belajar bersosiliasi dengan orang lain. dengan datang ke sekolah, kita menjadi lebih pintar dan tahu mana yang baik dan mana yang tidak baik. Di sekolah kita juga dapat bermain, berolahraga, dan bercanda dengan teman-teman. Jadi, sekolah adalah tempat yang baik untuk kita dalam belajar menuntut ilmu dan bersosiliasi.

Berdasarkan contoh-contoh di atas, dapat dilihat bahwa kalimat generalisasi dibuat berdasarkan data-data sebelumnya. Data-data tersebut harus lebih dari satu. Sama halnya dengan paragraf induktif yang ide pokoknya berada di akhir paragraf. Kalimat akhir atau ide pokok itulah yang merupakan kalimat generalisasi. Dengan kata lain, kalimat kesimpulan dari data-data yang telah dipaparkan itulah kalimat generalisasi.

Demikian Contoh kalimat generalisasi beserta penjelasannya lengkap, diharapkan dapat membantu kalian dalam mengerjakan tugas sekolah. Selain itu, tulisan ini juga dapat menjadi referensi kalian untuk menambah pengetahuan tentang kalimat generalisasi. Terima kasih
Contoh kalimat generalisasi beserta penjelasannya lengkap | ikhwan mukhlisi | 5