Contoh Karangan Deskripsi Singkat tentang Lingkungan Hidup Terbaru

Bahasa Indonesiaku - Contoh karangan deskripsi singkat tentang lingkungan hidup­­-- Deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci (KBBI,2005:211). Deskripsi merupakan karangan yang dibuat dengan kosakata yang baik sehingga pembaca dapat mengerti objek yang dibahas oleh penulis. Dalam hal lain teks deskripsi pula sering kali digunakan seseorang. Pada umumnya teks deskripsi digunakan untuk menjelaskan suatu objek baik itu dari segi bentuk, rasa maupun bunyinya. Di dalam penulisan sebuah contoh teks deskripsi singkat digambarkan secara nyata dan lengkap tanpa adanya pendapat yang mempengaruhi pembaca untuk menyukai teks yang dituliskan oleh penulis. Teks deskripsi sendiri memiliki keunggulan tersendiri yaitu membuat pembaca merasa seperti melihat apa yang dituliskan oleh penulis.

Di dalam penulisan teks deskripsi memiliki ciri-ciri yaitu, memberitahukan keadaan atau suatu peristiwa seperti menggambarkan suasana di suatu tempat baik suasana baik maupun buruk, memberitahukan keadaan atau bentuk suatu tempat hal tersebut digambarkan secara rinci seperti bentuk tempat dan apa saja yang ada di sekitar tempat tersebut. Ciri-ciri seperti yang digambarkan di atas bertujuan untuk menimbulkan kesan-kesan tertentu kepada siapa saja yang membaca agar pembaca merasa kagum dengan apa yang mereka baca. Selain itu, agar pembaca dapat memahami dengan baik apa yang mereka baca. Berikut ini saya cantumkan contoh karangan deskripsi singkat tentang lingkungan hidup untuk menambah pemahaman kalian. Oiya dalam artikel sebelumnya saya telah memberikan contoh karangan deskripsi tentang sekolah. Silakan dibaca pada artikel berikut ini ya: Contoh karangan deskripsi singkat tentang sekolah.

Contoh karangan deskripsi singkat tentang lingkungan hidup


Disuatu tempat berdirilah sebuah gunung yang sangat indah. Gunung itu memiliki banyak tumbuhan yang indah baik itu pepohonan maupun bunga-bunga yang tumbuh liar. Selain itu, banyak juga binatang yang dapat dijumpai di sana baik binatang buas maupun binatang yang tidak buas. Selain gunung yang menjadi tempat tinggal bagi tumbuhan dan binatang, gunung juga turut serta membantu manusia. Menyediakan sumber air bagi manusia. Bahkan, tanaman dan binatang yang tinggal di Gunung tersebut dapat menjadi makanan bagi kebutuhan manusia. 

Gunung yang dapat menyimpan dan menjaga sekian banyaknya hal yang dapat membantu manusia, gunung juga berfungsi sebagai sumber mata pencaharian bagi penduduk sekitarnya. Tumbuhan dan binatang yang ada di dalam gunung dapat dijual oleh warga sekitar yang nantinya dapat membuat keuntungan bagi kehidupannya. Selain itu, udara yang diberikan oleh gunung sendiri merupakan udara yang bersih karena dihasilkan dari pepohonan yang ada di gunung. 

Dengan kenikmatan yang telah diberikan dari gunung tersebut membuat kehidupan yang dimiliki manusia menjadi lebih baik lagi. Namun, kini kebanyakan Gunung tidaklah lagi seperti beberapa tahun yang lalu. Dimana Gunung yang dipenuhi oleh pepohonan hijau yang ditumbuhi oleh binatang. Gunung-gunung yang sekarang telah beralih fungsi menjadi perkebunan warga bahkan tidak jarang juga terdapat pemukiman warga di gunung. Dengan banyaknya pepohonan yang ditebang tanpa tanam kembali. Hal ini dikarenakan keinginan manusia untuk memiliki lebih banyak tanpa memberi. Mereka tidak memikirkan dampak yang akan mereka timbulkan dengan adanya hal tersebut. Semua itu akan memberikan dampak buruk bagi mereka. 

Akibat dari apa yang mereka lakukan dapat menyebabkan berbagai bencana yang dapat saja terjadi seperti longsor, banjir dan masih banyak lagi. Gunung yang tadinya nyaman sebagai tempat tinggal tumbuhan dan binatang namun sekarang tidak lagi sama seperti sebelumnya. Tidak jarang dari mereka pun turut punah seperti tempat tinggal mereka. Udara yang bersih kini sudah banyak tercemar karena pepohonan yang mulai punah. Bahkan air yang berada di Gunung mulai berkurang. Dengan adanya hal tersebut sekarang Gunung mulai geram terhadap manusia bahkan mereka seperti enggan memberikan udara maupun air yang segar.

Maka dari itu marilah kita selamatkan apa yang menjadi tanggung jawab kita bersama sehingga kita masih dapat merasakan manfaat yang dapat diberikan oleh Gunung. Dengan penanaman kembali pohon dan menjaganya dapat membantu Gunung menjadi indah seperti sebelumnya. Sehingga Gunung dapat tetap setia memberikan air dan udara yang segar.

Demikianlah artikel yang dapat penulis sampaikan mengenai Contoh karangan deskripsi singkat tentang lingkungan hidup semoga artikel ini dapat membantu pembaca menambah wawasan mengenai karangan deskripsi baik bagi pembaca yang akan mengerjakan tugas maupun sekedar unruk menambah wawasan. Terimakasih atas waktunya untuk membaca artikel yang dituliskan mengenai Contoh karangan deskripsi singkat tentang sekolah.                                                     
Contoh Karangan Deskripsi Singkat tentang Lingkungan Hidup Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5