Contoh Karangan Deskripsi Singkat tentang Sekolah Terbaru

Bahasa IndonesiakuContoh karangan deskripsi singkat tentang sekolah – Deskripsi adalah kalimat yang digabungkan menjadi suatu karangan yang digunakan untuk menggambarkan suatu objek secara jelas dan rinci. Deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci (KBBI,2005:211). Biasanya dalam mendeskripsikan suatu objek secara jelas dan rinci dapat membantu mendeskripsikan suasana yang dirasakan hati. Di dalam mendeskripsikan sesuatu, terkadang kita menuliskannya secara jelas, hal itu kita lakukan agar pembaca dapat membayangkan secara lebih alami dan tepat mengenai objek yang di deskripsikan. Hal yang biasanya di deskripsikan adalah Orang, Binatang atau Tumbuhan, Tempat atau Lingkungan, Objek atau Benda.  

Dalam membuat suatu contoh karangan deskripsi singkat diperlukan penggunaan bahasa yang baik dan benar. Maka dari itu, Penggunaan kosakata dalam sebuah kalimat haruslah tepat. Penggunaan bahasa yang baik juga perlu bagi pembuatan karangan deskripsi karena sebuah karangan deskripsi dapat dibuat secara baik apabila menggunakan bahasa yang baik pula. Sebuah bahasa yang baik apabila bahasa tersebut dapat dimengerti dengan baik oleh pembaca. Bahasa yang baik dapat dilihat dari seberapa baiknya penulis menggunakan EYD. Penggunaan kosakata yang baik  biasanya selalu berkaitan dengan Nama, Warna atau Tekstur, Bentuk atau Pola, Fungsi dan Nilai, Tempat, Posisi dan arah, penggukuran : Berat, Jarak, Besar. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada contoh teks karangan deskripsi tentang sekolah. Yuk kita baca bersama.

Contoh karangan deskripsi singkat tentang sekolah


Sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu yang dimana terdapat guru dan siswa. Sekolah dibagi menjadi dua yaitu Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. Sekolah Negeri adalah Sekolah yang dibangun dan dibiayai oleh pemerintah. Sedangkan Sekolah Swasta adalah sekolah yang biasanya dimiliki oleh yayasan atau perorangan. Tujuan dari adanya sekolah itu sendiri untuk mengajarkan siswa baik itu tentang pengetahuan maupun untuk belajar cara bersikap sopan di dalam hidup bermasyarakat. Manfaat adanya Sekolah sendiri dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memiliki prestasi yang baik dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Karena dengan tidak adanya Sekolah seseorang belum tentu akan mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan karena banyaknya prasarat untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.      

Di dalam Sekolah Negeri maupun sekolah swasta memiliki persamaan kelengkapan yang ada di dalam sekolah seperti Perpustakaan, Lab Komputer, Uks, Lab Bahasa dan sebagainya. Kelengkapan di dalam ruangan yang ada di dalam sekolah juga tidak memiliki banyak perbedaan contohnya di dalam kelas terdapat meja dan kursi. Perbedaan yang ada di ruang kelas seperti fasilitas seperti, Ac, Kipas Angin, Speaker itupun hanya bisa di dapatkan di Sekolah yang memang terkenal memiliki fasilitas yang baik. Sedangkan fasilitas di luar ruangan dapat dilihat dari kelengkapan fasilitas olah raga yang dimiliki.   Selain Sekolah yang memiliki fasilitas yang baik tidak menutup kemungkinan juga banyak sekolah yang kurang memiliki fasilitas yang memadai. Biasanya Sekolah yang kurang memiliki fasilitas yang baik terdapat di wilayah pedalaman.  

Seorang siswa yang menduduki bangku sekolah memiliki perbedaan yang cukup jauh dibandingkan seseorang yang tidak menduduki bangku sekolah. Karena manfaat yang di berikan dari adanya Sekolah sendiri adalah untuk mencerdaskan siswa dalam hal pelajaran maupun cara berperilaku yang baik. Karena seseorang yang tidak menduduki bangku sekolah dirasa kurang memiliki pemahaman yang tepat mengenai cara belajar yang baik karena kurangnya dorongan dari seseorang yang memang memiliki pengetahuan yang lebih dalam suatu bidang. 

Selain adanya fasilitas yang ada di dalam Sekolah Akreditasi yang ada pada sekolah jugalah penting. Karena Akreditasi menentukan baik tidaknya sekolah itu dalam segala aspek. Baik dalam prestasi maupun fasilitas. Akreditasi yang ada pada sekolah juga diperhatikan dan dipertimbangkan dalam pemilihan siswa dalam sebuah Sekolah. Misalnya siswa yang ingin mendaftar di perguruan tinggi terlebih dahulu di pertimbangkan dari mana asal Sekolah siswa tersebut dan predikat dari akreditasi yang dimilikinya.                  

Demikianlah artikel yang dapat penulis sampaikan mengenai Contoh karangan deskripsi singkat tentang sekolah. Semoga artikel ini dapat berguna bagi pembaca dalam mengerjakan tugas yang diberikan serta dapat memberikan wawasan bagi pembaca yang ingin mengetahui lebih jelas tentang karangan deskripsi tentang Sekolah. Terimakasih 

Baca juga artikel terkait berikut ini ya:
Contoh Karangan Deskripsi Singkat tentang Sekolah Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5