Contoh Teks Eksplanasi tentang Gempa Bumi Terbaru

Bahasa Indonesiaku - Contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi – Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang pemaparan atau penjelasan terjadinya suatu. Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang terjadi secara alamiah. Saat akan menulis teks eksplanasi, kita harus memperhatikan struktur teksnya. Teks eksplanasi memiliki tiga struktur teks, yaitu pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi. Pernyataan umum adalah gambaran umum tentang seuatu bencana alam yang akan dipaparkan proses terjadinya. Deretan penjelas adalah bagian dari teks eksplanasi yang menjelaskan tentang proses terjadinya suatu bencana alam. Terakhir adalah interpretasi adalah bagian dari teks eksplanasi yang menjelaskan tentang pendapat atas saran berdasarkan sudut pandang penulis tentang penjabaran bencana alam. Dalam menulis teks eksplanasi harusnya sesuai dengan urutan struktur teks yang ada. Untuk lebih jelas saat kalian membuat teks eksplanasi, perhatikan contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi berikut ini. 

Contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi (bencana alam)

Proses terjadinya gempa bumi

Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang terjadi garena adanya getaran atau goncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Gempa bumi biasa terjadi di daerah yang berdekatan dengan gunung berapi, laut, atau dekat dengan lempeng dasar bumi. Berdasarkan penyebabnya gempa dibedakan menjadi tiga, yaitu gempa tektonis, vulkanis, buatan, tumbukan, dan runtuhan. Berdasarkan getaran gempa bumi dibedakan menjadi dua, yaitu gelombang primer dan gelombang sekunder. Selain itu gempa bumi juga dibedakan berdasarkan tingkat kedalamannya dibagi menjadi tiga, yaitu gempa bumi dalam, menengah, dan gempa bumi dangkal.  

Bencana alam gempa bumi terjadi dikarenakan adanya retakan dalam kerak bumi atau patahan. Patahan yang terjadi karena batuan yang ada di dalam gunung rapuh dan pecah akibat tekanan yang besar dari pergerakan lempeng bumi. Ketika tekanan itu meningkat di daerah batuan akan menyebabkan terjadinya pergerakan yang sifatnya mendadak. Pegerakan nilah yang menyebabkan batuan tergelincir di sepanjang patahan yang ada. Saat ini terjadi, sejumlah energi akan lepas dan melepaskan tekanan secara bersamaan. Pada saat itulah gempa bumi terjadi. Gempa bumi juga terjadi karena bumi terdiri dari beberapa lapisan  batuan. Kekuatan gempa bumi dapat beragam. Mulai dari dengan kekuatan kecil, sedang, dan besar. Gempa bumi jenis tektonis terjadi karena adanya lapisan kerak bumi yang menjadi gentin atau lunak sehingga mengalami pergerakan.  Sementara, gempa bumi jenis vulkanis terjadi karena adanya letusan dari gunung berapi yang masih aktif dan letusannya sangat dasyat. Biasanya gempa bumi jenis vulkanis lebih jarang terjadi dibandingkan dengan gempa bumi jenis tektonik. Dampak gempa bumi tektonik yang berkekuatan besar dapat menyebabkan runtuhnya bangunan-bangunan yang dilalui oleh retakan dan dapat pula menyebabkan korban jiwa. Namun, gempa yang berasal dari vulkanis gunung berapi dapat menyebabkan terjadinya stunami. Stunami yang besar dapat menyebabkan banyak korban jiwa.

Bencana alam adalah bencana yang terjadi secara alamiah. Ada beberapa bencana alam yang terjadi tanpa mengenal musim dan ada pula yang terjadi saat musim-musim tertentu. Gempa bumi adalah bencana yang dapat terjadi kapan saja. Meskipun demikian, kita tidak perlu kawatir karena gempa biasa terjadi hanya pada daerah-daerah tertentu, seperti Plat Pasifik dan  gunung berapi. Plat Pasifik merupakan tempat yang biasa dikenal kenal dengan sebutan Lingkaran Api. Hal itu dikarenakan banyaknya gunung berapi yang mengelilingi tempat itu.

Paragraf di atas telah sesuai dengan struktur teks yang ada dalam teks eksplanasi. Paragraf pertama merupakan struktur teks bagian pernyataan umum. Paragraf kedua merupakan struktur teks bagian deretan penjelasan tentang terjadinya gempa bumi. Terakhir adalah struktur teks eksplanasi bagian interpretasi. Bagian ini berisi tentang pandangan penulis tentang bencana alam gempa bumi.

Demikian penjelasan Contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi, diharapkan contoh di atas dapat membantu kalian dalam membuat teks eksplanasi. Jangan lupa baca artikel terkait di bawah ini yang masih berkaitan dengan contoh teks eksplanasi singkat atau kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net untuk mendapatkan artikel bermanfaat lainnya yang membahas tentang materi pelajaran bahasa Indonesia. Terimakasih. 

Artikel terkait:
Contoh Teks Eksplanasi tentang Gempa Bumi Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5