Contoh Teks Eksplanasi tentang Tanah Longsor Terbaru

Bahasa Indonesiaku - Contoh teks eksplanasi tentang tanah longsor – Tanah longsor adalah salah satu bentuk bencana alam yang dapat terjadi karena ulah manusia juga dapat terjadi secara alamiah. Namun, apapun penyebabnya tanah longsor tetap terjadi melalui beberapa proses. Teks yang menuliskan atau memaparkan proses terjadi sebuah bencana alam disebut dengan teks seksplanasi. Saat menyusun teks eksplanasi kita harus memperhatikan struktur teks yang ada, yaitu pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi. Perhatikan contoh berikut ini untuk lebih jelasnya tentang contoh teks eksplanasi tentang bencana tanah longsor


Contoh teks eksplanasi tentang tanah longsor

Proses terjadinya tanah longsor

Bencana tanah longsor adalah bencana yang terjadi karena adanya pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis. Secara garis besar tanah longsor disebabkan oleh dua faktor, yaitu pendorong dan faktor pemicu. Selain itu, tanah longsor juga dapat disebabkan oleh faktor alamiah dan ulah manusia. Tanah longsor yang disebabkan oleh faktor pendorong adalah tanah longsor yang mempengaruhi kondisi material tanah itu sendiri. Sementara tanah longsor yang disebabkan oleh faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. Namun, pada dasarnya tanah longsor ini disebabkan oleh adanya gravitasi yang dapat mempengaruhi suatu lereng yang curam secara alamiah. Faktor alamiah lain yang mempengaruhi  tanah longsor, seperti erosi, gempa bumi, gunung berapi, tata lahan, lereng terjal, tanah yang kurang padat, batuan yang kurang kuat, adanya beban tambahan, bekas longsoran lama, dan hujan lebat. Sedangkan, faktor yang disebabkan oleh ulah manusiaadalah penggundulan hutan tanpa adanya tindakan reboisasi. 

Berdasarkan penyebabnya, tanah longsor dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Pada saat musim hujan tanah longsong akan lebih mudah terjadi. Hal itu disebabkan oleh permukaan tanah yang retak akibat musim kemarau, akan dialiri air dengan cepat saat musim penghujan tiba. Dalam waktu singkat tanah yang telah masuk dalam tanah akan membuat tanah menajdi mengembang dan menjadi lebih lunak. Dengan demikian, kandungan air menjadi jenuh dalam waktu singkat. Tanah yang masuk ke dalam tanah akan terakumulasi di bagian dasar lereng sehingga menimbulkan gerakan lateral. Saat itulah terjadi tanah longsor. Namun, secara sederhana bencana tanah longsong dimulai dari air yang meresap ke dalam tanah akan menambah bobot tanah yang dilewati oleh aliran air dalam tanah. Jika air tersebut masuk ke dalam hingga menembus bagian tanah kedap air yang memiliki peran sebagai bidang gelincir, maka tanah akan menjadi licin dan tanah pelapukan di atasnya akan bergerak mengikuti lereng dan keluar lereng. Hal itu akan menyebabkan tanah bergerak menuju tempat yang lebih rendah. Dengan kata lain, tanah longsong akan terjadi bila gaya pendorong pada lereng lebih besar daripada gaya penahn tanah. Gaya penahan umumnya dipengaruhi oleh kekuatan yang ditimbulkan oleh bebtauan dan kepadatan tanah, sednagkan gaya pendorong lebih dipengaruhi oleh besar kecilnya sudut lereng, air yang mengalir dalam  tanah, beban di atas tanah, serta berat jenis tanah atau bebatuan yang ada disekitarnya. Gejala umum yang dapat ditemukan sebelum terjadinya tanah longsor adalah munculnya retakan-retakan di lereng yang sejajar dengan arah tebing. Biasanya terjadi setelah hujan dan ditandai dengan adanya suara bebatuan mulai berjatuhan dari lereng, dan munculnya mata air baru secara tiba-tiba. 

Meskipun bencana tanah longsor dapat terjadi saat musim hujan atau saat yang tidak dapat dipastikan, kita tetap tidak perlu kawatir. Dengan memperhatikan gejala-gejalanya dan melakukan reboisasi terhadap hutan undul akan dapat mencegah terjadinya tanah longsor. Selain itu, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menebang pohon sembarangan akan membuat lingkungan menjadi bersih. Maka akan terhindar dari banjir dan tanah longsor saat musim hujan datang. 

Demikian Contoh teks eksplanasi tentang tanah longsor di paparkan di atas, diharapkan dapat membantu kalian dalam menyelesaikan tugas membuat teks eksplanasi di sekolah. Terima kasih.
Jangan lupa baca artikel terkait berikut ini ya.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Tanah Longsor Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5