Pengertian dan Contoh Teks Negosiasi Lengkap

Bahasa Indonesiaku - Pengertian dan contoh teks negosiasi – Teks negosiasi adalah teks yang berisi tentang hubungan atau interaksi antara dua orang atau lebih untuk memutuskan sesuatu dari kepentingan yang berbeda. Dalam negosiasi kedua belah pihak berhak atas hasil keputusan yang telah dihasilkan dari bernegosiasi. Jadi, keputusan yang didapat adalah berdasarkan dari keputusan atau persetujuan bersama. Dalam bernegosiasi kedua belah pihak saling memberi atau menerima sesuatu untuk menciptakan kesepakatan itu. 

Struktur teks negosiasi adalah orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran, persetujuan, pembelian, dan penutup. Orientasi adalah bagian teks neosiasi yang berisi permbukaan atau awal percakapan, biasanya diawali dengan salam dan sapa. Permintaan adalah bagian dari teks negosiasi yang berisi tentang pihak yang menginginkan suatu barang, jasa, dan permasalahan yang dihadapi mengutarakan keinginannya. Pemenuhan adalah bagian di mana pihak yang berkaitan dengan suatu barang atau jasa memberikan informasi kepada pihak yang meminta agar lebih paham. Penawaran adalah bagian teks negosiasi yang berisi negosiasi itu sendiri atau proses tawar menawar antar pihak yang satu dengan pihak yang lainnya untuk mendapatkan kesepakatan keuntungan yang diinginkan. Persetujuan adalah bagian kesepakatan dari hasil negosiasi yang telah dilakukan. Pembelian adalah bagian di mana pihak pertama akhirnya menyetujui untuk membeli barang atau jasa. Bagian terakhir adalah penutup dari teks negosiasi untuk menyelesaikan interaksi tersebut. Namun, secara garis besar struktur teks negosiasi adalah pembuka, isi, dan penutup.

Ciri umum dalam teks negosiasi adalah adanya hasil kesepakatan, memprioritaskan kepentingan bersama, dan menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan. Untuk lebih jelas, perhatikan contoh teks negosiasi jual beli berikut ini.


Contoh teks negosiasi jual beli


Contoh teks negosiasi pembelian buku novel di sebuah toko buku bekas.

Suatu hari ada seorang siswa sekolah  menengah pertama pergi ke toko buku bekas. Dia datang ke sebuah toko buku bekas untuk mencari buku dengan tahun yang lama. Setelah beberapa menit mencari, dia tidak juga menemukan buku yang ia cari.  Karena bingung, tidak menemukan di rak buku, dia mendatangi seorang penjaga yang sedang menata buku di sudut ruangan.

Anak : Permisi, selamat siang, orientasi
Penjaga : Iya, selamat siang juga, ada yang bisa saya bantu, nak?
Anak : Iya, saya mencari buku novel Siti Nurbaya ada?
Penjaga : Sudah mencari di rak novel? permintaan 
Anak : Sudah Pak, tapi tidak ada.
Penjaga : Baiklah, saya coba carikan di gudang silakan tunggu di ruang tunggu ya.
Anak : Baik Pak, terima kasih.
Penjaga : Kebetulan saya cari di gudang masih tersisa satu, ini bukunya.    pemenuhan
Anak : Berapa harga buku ini Pak?
Penjaga : Rp. 58.000 saja nak.
Anak : Harga itu terlalu mahal untukku Pak, bolehkan saya menawar?
Penjaga : Boleh, silakan saja.                                                                        penawaran
Anak : bisa tidak Pak harga jadi Rp 45.000 saja Pak?
Penjaga : Buku ini sudah langka, jadi harga segitu terlalu murah.
Anak : Uang saya tidak cukup, bagaimana kalau Rp 48.000 saja? Saya harap bapak mau membantu. Ini untuk tugas sekolah saya.
Penjaga : Itu terlalu murah, bagimana kalau Rp 55.000 saja? Itu sudah termasuk murah. Mungkin kalau kamu cari di toko buku lain tidak akan ada lagi.
Anak : Tapi uang saya hanya Rp 50.000.
Penjaga : Begini saja, saya akan berikan buku ini seharga Rp 50.000. Bagaimana?   persetujuan
Anak : Baiklah Pak! Saya beli bukunya.
Penjaga : Ini bukunya.
Anak : Ini uangnya pas ya Pak, terima kasih sudah membantu saya.             pembelian
Penjaga : Iya, sama-sama. Terima kasih juga telah membeli buku di toko saya.
Anak Selamat siang, Pak.                                                                              penutup
Penjaga : Selamat siang.


Demikianlah Pengertian dan contoh teks negosiasi antara penjual dan pembeli secara singkat. Dari contoh di atas dapat dilihat bagian-bagian struktur teks sangat lengkap dan berurutan. Diharapkan contoh di atas dapat membantu kalian dalam mengerjakan tugas sekolah. Terima kasih

Artikel terkait:
1. contoh teks negosiasi jual beli motor terbaru
2. Contoh teks negosiasi antara bank dan pengusaha
3. Contoh teks negosiasi pemecahan masalah
Pengertian dan Contoh Teks Negosiasi Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5