2 Contoh Surat Teguran (Peringatan) beserta Penjelasan dalam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesiaku - Pengertian dan Contoh Surat Teguran (Peringatan) – Komunikasi dibedakan menjadi dua, yaitu komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Salah satu bentuk komunikasi tidak langsung adalah surat. Surat adalah alat komunikasi secara tertulis yang digunakan seseorang untuk menyampaikan pesan kepada oranglain. Dalam menulis surat ada sistematika yang perlu diperhatikan, yaitu kepala, badan, dan kaki surat. Salah stau jenis surat yang akan dibahas adalah Pengertian Dan Contoh Surat Teguran Dalam Bahasa Indonesia. 

Surat teguran sama dengan surat peringatan, di mana surat itu hanya akan diberikan kepada seseorang yang melakukan pelanggaran atau melakukan kesalahan. Tujuannya agar seseorang yang mendapat surat teguran itu tidak mengulanginya lagi dan sadar akan tindak kedisiplinan dan tata tertib yang ada. Bentuk dan kapan surat pelanggaran itu dikeluarkan diputuskan oleh pemilik perusahaan, lembaga, dll. Untuk lebih jelas bentuk dan isi dari surat teguran, perhatikan contoh surat teguran  atau contoh surat peringatan berikut ini.


2 Contoh Surat Teguran dalam Bahasa Indonesia

Contoh surat teguran untuk karyawan 1


SMP TUNAS HARAPAN MANDIRI
                          Jalan Cempaka Raya Nomor 45, Kedaton Bandar Lampung

Bandar Lampung, Jumat 29 Januari 2016

Nomor : 45/ STG-DP/ 1/ 16
Lampiran : -
Perihal : Surat Peringatan/ Teguran

Kepada 
Saudara Jelita Dinastiastuti
Di tempat.

Dengan hormat,

       Berdasarkan pada peraturan ketenagakerjaan yang menyatakan bahwa pihak sekolah wajib memberikan surat peringatan atau teguran kepada semua karyawan yang melakukan pelanggaran sebanyak TIGA kali dalam satu bulan. Mengingat jumlah absensi Saudara Jelita Dinastiastuti sudah melewati batas, yaitu sebanyak 5 (lima) kali dalam sebulan dan seringnya melakukan keterlambatan dalam jam masuk kantor serta pengumpulan administrasi atau perangkat keguruan. Maka, kami pihak sekolah memutuskan memberikan SURAT PERINGATAN PERTAMA ini berdasarkan hal tersebut.

       Diharapkan setelah adanya surat ini, maka Saudara bisa lebih baik dan fokus dalam bekerja. Selain itu, agar selalu menjadi contoh yang baik bagi anak-anak. Hal ini semata-mata untuk terus meningkatkan kinerja guru dan juga meningkatkan prestasi anak dalam pembelajaran.

        Demikian surat teguran ini dibuat, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah SMP Tunas Harapan Mandiri



Dinasti Jelitawati



Contoh surat peringatan pihak sekolah kepada siswa 2


SMP TUNAS HARAPAN MANDIRI
                          Jalan Cempaka Raya Nomor 45, Kedaton Bandar Lampung

Nomor : 45/ STG-DP/ 1/ 16
Perihal : Surat Peringatan/ Teguran

Kepada 
Siswi Jelita Dinastiastuti
Kelar XI 
SMP Tunas Harapan Mandiri

Dengan hormat,

        Sehubungan dengan adanya tindak ketidakdisiplinan yang Saudari Jelita lakukan sebanyak 8 kali dalam sebulan, maka pihak sekolah memberikan sanksi berupa surat teguran. Hal itu berdasarkan pada jumlah seringnya Saudari Jelita tidak masuk sekolah, tidak membawa attribute, dan tidak mengerjakan PR yang diberikan oleh beberapa guru.  Selain itu, surat teguran ini diberikan berdasarkan hasil keputusan dari dewan guru dan telah kami informasikan ke orangtua sejak awal masuk sekolah. 

Dengan dikeluarkannya surat teguran ini, diharapkan Saudari Jelita dapat instropeksi diri dan memperbaiki diri dalam hal kedisiplinan. Surat teguran ini hanya berlaku selama satu bulan dimulai sejak tanggal 28 Januari 2016 sampai dengan 28 Februari 2016. Selama itu diharapkan Saudari Jelita dapat memperlihatkan dan memberikan tindakan perbaikan diri. Jika, selama atau sesudah surat teguran ini diberikan Saudari masih melakukan pelanggaran, maka akan diberikan surat teguran yang kedua. Isi surat teguran yang kedua akan berdasarkan dari jenis pelanggaran yang dilakukan. 

Demikian surat teguran ini dibuat. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.
Bandar Lampung, Kamis 28 Januari 2016


Mengetahui
Kepala Sekolah SMP Tunas Harapan Mandiri                              Wali Kelas


Jelina Sikolati                                               Jelinaly



Dari penjelasan contoh surat peringatan 1 dan 2, dapat dilihat bahwa secara sistematika penulisan sama. Namun, isi dan kebijakan yang diberikan berbeda berdasarkan dari jenis pelanggaran dan ketentuan perusahaan atau lembaga itu sendiri.

Demikian penjelasan tentang pengertian dan contoh surat peringatan atau surat teguran yang bisa saya berikan. Semoga bisa membantu kalian dalam menyusun surat tersebut dengan benar. Terimakasih.
2 Contoh Surat Teguran (Peringatan) beserta Penjelasan dalam Bahasa Indonesia | ikhwan mukhlisi | 5