3 Contoh Paragraf Campuran Beserta Penjelasannya Lengkap

Bahasa Indonesiaku Contoh paragraf campuran beserta penjelasannya lengkap – Seperti yang kita ketahui bahwa paragraf adalah kumpulan kalimat yang memiliki ide pokok. Berdasarkan letak ide pokok tersebut, paragraf dibedakan menjadi tiga, yaitu paragraf induktif, deduktif, dan campuran. Paragraf induktif berarti paragraf yang memiliki ide pokok berada di akhir paragraf. Paragraf deduktif berarti paragraf yang memiliki ide pokok berada di awal paragraf. Sementara paragraf campuran berarti paragraf yang memiliki dua ide pokok. Ide pokok pertama berada di awal paragraf dan ide pokok kedua berada di akhir paragraf sebagai penegas dari ide pokok yang pertama.

Pada kesempatan ini, kita hanya akan menjelaskan tentang paragraf campuran. Perhatikan Contoh paragraf campuran singkat beserta penjelasannya lengkap berikut ini.

Contoh Paragraf Campuran Beserta Penjelasannya 

Contoh paragraf campuran beserta penjelasannya lengkap 1

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Dengan berolahraga secara rutin, kita akan menghasilkan jantung yang sehat, metabolism yang meningkat, membakar kalori yang berlebihan dalam tubuh, memperbaiki kualitas insulin dalam tubuh , membakar lemak, dan meringankan kinerja jantung. Selain itu, menurut penelitian berolahraga juga dapat membuat perasaan kita menjadi lebih senang dibandingan dengan tidak melakukan olahraga. Hal itu disebabkan oleh saat berlahraga segala macam beban pikiran yang ada akan hilang saat tubuh fokus melakukan kegiatan olahraga. Olahraga juga bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan dan gigi. Olahraga juga dapat menjaga kepadatan tulang bila diimbangi dengan minum susu secara teratur. Jadi, dengan melakukan olahraga selain mendapatkan tubuh yang sehat kita juga akan merasa senang

Contoh paragraph campuran beserta penjelasannya lengkap 2


Membuang sampah sembarangan berdampak negatif bagi kesehatan dan lingkungan sekitar. Dengan membuang sampah sembarangan, lama-kelamaan akan menyebabkan penumpukan sampah dan menyebabkan gorong-gorong dan bendungan sungai terhambat. Alhasil, air sungai atau air yang melewati aliran itu meluap dan terjadilah genangan bahkan banjir. Sampah yang dibuang secara tidak tepat juga akan mengakibakan berbagai penyakit. Hal itu disebabkan oleh sampah yang dibuang sembarangan akan menumpuk dan mengalami pembusukan dalam waktu yang tidak begitu lama. Pembusukan itu akan mengundang lalat dan banyaknya penyakit yang akan ditimbulkan dari bau dan lalat itu sendiri. Bau yang dihasilkan dari pembusukan juga akan mengakibatkan polusi udaha, gangguan pernapasan, dan dapat juga mengakibatkan gatal-gatal. Selain itu, membuang sampah sembaranga di berbagai tempat juga akan mengakibatkan tempat itu menjadi terlihat kotor dan tidak nyaman. Dengan demikian, kita dilarang membuang sampah sembarangan agar tidak berdampak negatif bagi kesehatan dan lingkungan sekitar.

Contoh paragraph campuran beserta penjelasannya lengkap 3


Gosok gigi sangat bermanfaat bagi kesehatan mulut dan gigi. Dengan rajin menggosok gigi, kita akan terhindar dari penyakit yang ada di dalam mulut. Gosok gigi yang baik dilakukan sebanyak tiga kali. Setelah makan pagi, siang, dan sebelum tidur. Manfaat dari menggosok gigi adalah menceah gigi berlubang, menyegarkan napas, menjadikan kita menjadi lebih percaya diri dengan lawan bicara saat melakukan percakapan, membiasakan kita untuk terus makan di pagi hari, dan pada saat malam hari sebelum tidur akan membantu mulut menjadi lebih bersih. Pada saat malam hari, kuman lebih berkembang di dalam mulut. Hal itu disebabkan karena tidak adanya aktivitas yang dilakukan saat kita tidur. Kuman dalam mulut akan berkembang dua kali lebih cepat saat kita tidak menggosok gigi di malam hari sebelum tidur. Gosok gigi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja asalkan kita membawa perlengkapan, seperti pasta gigi dan sikat gigi. Dengan menggosok gigi secara teratur, kita akan menjadikan mulut serta gigi kita bersih dan sehat. 

Dari semua contoh paragraf campuran singkat di atas, dapat dilihat bahwa dalam setiap paragraf terdapat dua ide pokok. Dua ide pokok tersebut berada di awal dan berada di akhir paragraf. Kalimat di awal yang ditandai dengan garis bawah merupakan ide pokok utama. Sementara kalimat yang ditandai dengan cetak miring merupakan ide pokok yang menegaskan kembali apa yang disampaikan pada ide pokok pertama.

Demikian contoh paragraf campuran beserta penjelasannya lengkap, diharapkan dapat membantu kalian dalam menyelesaikan tugas sekolah. Terima kasih 
3 Contoh Paragraf Campuran Beserta Penjelasannya Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5