4 Contoh Paragraf Generalisasi beserta Penjelasan Lengkap

Bahasa Indonesiaku - 4 Contoh paragraf generalisasi beserta penjelasan lengkap - Paragraf generalisasi merupakan paragraf yang dimulai dengan memaparkan hal-hal yang bersifat khusus kemudian memberikan kesimpulannya diakhir paragraf. Paragraf generalisasi merupakan jenis paragraf yang menggunakan pendekatan induksi pada kalimatnya, sehingga menyajikan fakta-fakta atau penjelasan yang detail pada kalimat awalnya. Jenis induksi yang digunakan adalah induksi umum ke khusus, dengan penyampaian ide pokok diakhir paragraf. Dengan kata lain, paragraf generalisasi menggunakan kalimat penjelas atau kata pendukung pada awal kalimat atau pada kalimat-kalimat sebelum ide pokok. 


4 Contoh paragraf generalisasi berserta penjelasan lengkap 

Paragraf generalisasi itu sendiri terdiri dari beberapa jenis, diantaranya:

a. Loncatan Induktif

Paragraf generalisasi jenis loncatan induktif ini merupakan paragraf  yang menyajikan kalimat-kalimat yang bertolak belakang dengan fakta lain pada kalimat awal. Dengan demikian, paragraf generalisasi jenis ini merupakan kalimata generalisasi yang dianggap lemah, karena pada awal kalimatnya tidak menggunakan fakta-fakta yang menguatkan keseluruhan fakta yang disebutkan.

b. Tanpa Loncatan Induktif

Paragraf generalisasi jenis ini berbeda dengan paragraf generalisasi jenis loncatan induktif. Jika paragraf generalisasi jenis loncatan induktif justru tidak menggunakan keseluruhan fakta yang ada untuk menguatkan fenomena sehingga disebut dengan kalimat generalisasi lemah, paragraf generalisasi jenis tanpa loncatan induktif ini justru memberikan fakta-fakta secara keseluruhan dan menggambarkan fenomena yang ada dengan penjelasan yang mendetail. Inilah yang membuat paragraf jenis ini sangat baik karna memberikan informasi data yang lebih lengkap kepada pembaca. 


Contoh Paragraf Generalisasi Loncatan Induksi 1

Adanya perubahan kurikulum 2013 memang menimbulkan kebingungan tersendiri baik bagi siswa maupun para guru. Apalagi perubahan tersebut terkesan dadakan dan dianggap tidak cocok digunakan oleh sekolah yang masih merintis atau baru memulai sistem pendidikannya. Inilah yang menimbulkan banyaknya pro dan kontra dari kurikulum yang terus berganti di kalangan pendidikan ini.

Contoh Paragraf Geberalisasi Loncatan Induksi 2

One direction memang merupakan boyband bertaraf internasional yang banyak dikagumi kalangan remaja. Apalagi, mereka tidak hanya memiliki personil dengan ketampanan fisik semata, namun memiliki suara yang mampu memanjakan telinga. One direction juga merupakan boyband dengan prestasi yang sudah tidak diragukan lagi di kancah dunia musik. Inilah yang membuat one direction menjadi boyband papan atas kelas dunia yang digandrungi banyak kalangan.

Contoh Paragraf Generalisasi- Tanpa Loncatan Induksi 1

Senin malam, tepatnya pukul 10:30, warga Jogja dikejutkan dengan gempa berkekuatan 7,2  skala lihter yang mampu memporak porandakan bangunan di tanah kota yang masih lekat tradisinya tersebut. Gempa yang juga memakan korban hingga puluhan orang tewas serta ratusan orang luka-luka ini juga menarik banyak empati masyarakat sehingga memberikan sumbangan baik berupa sembako, uang, ataupun pakaikan. Gempa yang terjadi di Jogja ini memang merupakan gempa terhebat sepanjang 2011.

Contoh Paragraf Generalisasi-Tanpat Loncatan Induksi 2

English club memang merupakan salah satu ekstrakulikulr di SMK Bakti Jaya yang memiliki banyak keuntungan bagi siswanya. Hal ini jelas terlihat dari banyaknya kegiatan yang akan mendukung bakat siswa khususnya dibidang bahasa. Seperti kegiatan yang langsung melibatkan native speaker pada setiap pertemuannya yang tentu saja membuat siswa bisa langsung mempraktekkan kemampuan Bahasa Inggrisnya. Lebih dari itu, English club SMK Bakti Jaya juga memberikan kegiatan dengan program menarik lainnya yang tak kalah menarik dengan mendatangkan native speaker. Seperti dengan langsung mengajak anggota English club tour ke Bali, mengharuskan mereka berinteraksi dengan native dan kemudian mengumpukan hasil conversationnya pada guru english club mereka. Adanya english club ini juga terbukti membuat nilai Bahasa Inggris siswa SMK Bakti Jaya selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tidak sekali pula SMK Bakti Jaya meraih piala dari hasil lomba pidao Berbahasa Inggris oleh siswanya. Inilah yang membuat English Club menjadi ekstrakulikuler favorite di SMK Bakti Jaya.

Itulah tadi penjelasan sederhana tentang paragraf generalisasi beserta empat contohnya. Semoga dapat membantu kalian dalam mempelajarinya. Terimakasih.
4 Contoh Paragraf Generalisasi beserta Penjelasan Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5