Cara Menentukan Kesimpulan yang Benar dan Contohnya

Bahasa Indonesiaku - Cara menentukan kesimpulan yang benar dan contohnya - Kesimpulan merupakan proposisi atau kalimat yang disampaikan dari beberapa premis atau ide pemikiran yang ada. Pengambilan beberapa premis atau ide pemikiran tersebut tentu saja ditarik kesimpulannya dengan aturan inferensi yang berlaku dalam kaidah Bahasa Indonesia. Dengan pengambilan beberapa premis yang kemudian ditarik menjadi satu kesimpulan, maka kesimpulan itu sendiri juga bisa dikatakan sebagai sebuah gagasan yang dicapai setelah akhir pembicaraan atau bisa dikatakan pula sebagai hasil dari pembicaraan. Dengan demikian, kesimpulan juga mengandung makna tersendiri dari sebuah pembicaraan sehingga diperolah dari runtutan fakta serta penjelasan yang ada pada pembicaraan atau kalimat sebelumnya. Inilah yang membuat kesimpulan juga bisa bersifat pendapat yang mengeneralkan atau menentralkan fakta yang ada.

Kesimpulan yang merupakan inti dari penjabaran sebelumnya membuat kesimpulan memang sangat intim dengan wacana itu sendiri. Inilah yang menjadikan kesimpulan terkadang dijadikan gagasan utama dalam sebuah paragraf atau sebuah jawaban dari suatu penelitian. Adapun perbedaan antara kesimpulan dengan kalimat atau gagasan utama, ialah terletak pada posisi kalimat utama atau gagasan utama itu sendiri yang merupakan kesimpulan dalam paragraf. Berbeda dengan gagasan utama yang terkumpul pada sebuah wacana yang bisa membentuk suatu kesimpulan. Dengan kata lain, kesimpulan yang sifatnya mengeneralkan penjabaran sebelumnya memang bersifat lebih umum hingga terkesan tidak berpihak pada satu fakta tertentu. 

Untuk menentukan kesimpulan dengan mudah, berikut beberapa tips atau cara menentukan kesimpulan pada paragraf yang mudah dan lengkap:


CARA MENENTUKAN KESIMPULAN YANG BENAR 


1. Scanning wacana
Scanning merupakan salah satu teknik membaca cepat. Dengan kata lain, membaca dengan teknik scanning tidak diperlukan cara membaca secara keseluruhan, yakni dengan hanya mencari kata kunci atau ide pokok pada sebuah paragraf.

2. Cara merangkai kesimpulan

Berikut ini cara merangkai kesimpulan yang bisa dipraktekan:

a. Teknik analogi
Merangkai kesimpulan dengan teknik analogi adalah cara yang digunakan dengan membandingkan dua hal yang berbeda serta diperhatikan sisi kesamaannya. Untuk memperjelas, perhatikan contoh paragraf dengan penarikan kesimpulan menggunakan tekhnik analogi dibawah ini:

Mencapai puncak gunung kemudian menancapkan bendera diatasnya tentu bukan hal yang mudah. Banyak hal yang perlu dikorbankan, seperti tenaga, waktu,  mental, bahkan nyawa. Sama halnya dengan meraih cita-cita yang didambakan. Banyak yang harus di korbankan dalam setiap perjuangan, meski mungkin meraih cita-cita tidak seperti mendaki gunung yang mengancam nyawa. Namun, meraih kesuksesan dengan mencapai puncak gunung yang memerlukan persiapan fisik, waktu dan mental, sama hanya dengan meraih cita-cita yang juga memerlukan persiapan yang matang baik dari pembelajaran ataupun pengetahuan.

Kesimpulan: “meraih kesuksesan dengan mencapai puncak gunung yang memerlukan persiapan fisik, waktu dan mental, sama hanya dengan meraih cita-cita yang juga memerlukan persiapan yang matang baik dari pembelajaran ataupun pengetahuan”.

b. Teknik generalisasi
Cara menarik kesimpulan dengan menggunakan teknik generalisasi ini merupakan cara penarikan kesimpulan dengan mengambil pernyataan secara umum dari kalimat atau fakta serta penjelasan detail sebelumnya. Teknik generalisasi ini memiliki ciri khas yakni menggunakan kata “dengan demikian” pada penarikan kesimpulan sehingga lebih memudahkan pembaca atau pendengar untuk menentukan bagian mana yang merupakan kesimpulan. Untuk memperjelas, perhatikan contoh paragraf penarikan kesimpulan dengan menggunakan teknik generalisasi dibawah  ini:

Try out ke 1 untuk kelas 12 yang dilaksanakan seminggu yang lalu ternyata mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Banyak siswa yang masih dinyatakan tidak lulus pada try out pertama ini. Padahal pihak sekolah sudah memperpanjang jam pemantapan baggi setiap kelas 12. Namun tidak sedikit pula dari siswa kelas 12 justru malah kabur di saat seharusnya siswa kelas 12 mengikuti pemantapan. Dengan demikian, agar nilai mengalami kenaikan di try out berikutnya, diharapkan siswa kelas 12 lebih serius lagi dalam kegiatan pembelajaran dan mengikuti pemantapan dengan rutin. 

Kesimpulan: “Dengan demikian, agar nilai mengalami kenaikan di try out berikutnya, diharapkan siswa kelas 12 lebih serius lagi dalam kegiatan pembelajaran dan mengikuti pemantapan dengan rutin”.

Demikian tadi penjelasan sederhana tentang cara menentukan kesimpulan pada paragraf yang benar. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam mempelajari cara mencari kesimpulan pada paragraf. Terimakasih. 
Cara Menentukan Kesimpulan yang Benar dan Contohnya | ikhwan mukhlisi | 5