Contoh Teks Wawancara tentang Pendidikan Terbaru

Bahasa Indonesiaku - Contoh teks wawancara tentang pendidikan terbaru – Wawancara adalah salah satu teknik dalam mendapatkan informasi dari nara sumber yang kita inginkan. Tujuan dari wawancara adalah mendapatkan sebuah informasi dari orang lain. Orang yang menjadi sumber informasi dan merupakan orang yang diwawancarai disebut dengan narasumber. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan wawancara, yaitu

a. Persiapan sebelum melakukan wawancara.
Sebelum melakukan wawancara, seseorang harus melakukan berbagai persiapan, yaitu

1. Menentukan topik atau tema wawancara.
2. Menyesuaikan atau memilih narasumber yang sesuai dengan topik yang telah dipilih.
3. Menyiapkan alat bantu yang diperlukan (alat perekam dan alat tulis lainnya).
4. Menyiapkan daftar pertanyaan yang berkaitan dengan topik.

b. Saat melakukan wawancara.
Saat melakukan wawancara, kita juga harus melakukan persiapan. Jangan sampai kita melakukan kesalahan yang akhirnya menggagalkan kegiatan wawancara. Hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Kenakanlah pakaian yang sopan sehingga menimbulkan kesan yang positif.
2. Penggunaan bahasa juga diperhatikan agar narasumber tidak tersinggung dengan pertanyaan yang kita ajukan.
3. Jangan sampai kita menyela atau membantah pembicaraan dari narasumber sebelum selesai berbicara.
4. Tulislah hasil wawancara itu dalam buku catatanmu dengan singkat namun jelas. 

c. Setelah wawancara
Kegiatan setelah wawancara juga harus diperhatikan, hal ini dilakukan agar semua informasinya tidak hilang begitu saja. Langkah yang perlu diperhatikan adalah
1. Ucapan terima kasih kepada narasumber.
2. Merangkai hasil wawancara dalam sebuah paragraph.
3. Membaca kembali hasil tulisan tersebut dan melakukan pengecekan.

Dengan memperhatikan langkah-langkah tersebut akan membuat kalian lebih mudah melakukan wawancara. Untuk lebih jelasnya, perhatikan Contoh teks wawancara tentang pendidikan terbaru berikut ini.

Contoh teks wawancara tentang pendidikan terbaru


Wawancara Perbedaan Kurikulum 2013 dengan KTSP Materi Bahasa Indonesia 


Seorang siswa diminta untuk mewawancarai seorang kepala sekolah untuk mendapatkan sebuah informasi yang berkaitan dengan kurikulum yang digunakan di sekolah tersebut. Dalam mewawancarai narasumber, siswa tersebut telah menyiapkan beberapa pertanyaan dan menggunakan singkatan untuk mempermudah menyusun daftar wawancaranya.


Sw : Selamat siang, Buk.
Ks : Selamat siang juga, Nak.
Sw : Maaf jika saya mengganggu waktu ibu, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan kepada Ibu. Bersediakah ibu menjadi narasumber saya tentang kurikulum?
Ks : Tentu saja, saya bersedia.
Sw : Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan kurikulum?
Ks : Kurikulum adalah sebuah perangkat yang berisi rancangan pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik dalam satu jenjang periode pendidikan.
Sw : Lalu mengapa kurikulum bisa berubah?
Ks : Hal itu dikarenakan melihat dari kondisi pendidikan di tanah air, kemajuan teknologi, dan penyesuaian dengan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan.
Sw : Apa perbedaan antara kurikulum 2013 dan KTSP?
Ks : Perbedaan antara KTSP dan Kurikulum 2013 ada banyak. Ibu akan menyebutkan beberapa yang dapat kamu mengerti. Perbedaannya seperti pada pelajaran TIK. Dalam K13, TIK bukanlah sebuah mata pelajaran, melainkan memang sebuah media yang digunakan oleh semua mata pelajaran untuk menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran itu sendiri. Penilaian yang dilakukan dalam K13 juga berbeda dengan KTSP. Pada K13 penilaian dilakukan secara otentik, yaitu penilaian berdasarkan atas nilai sikap, keterampilan, dan pengetahuan. dalam KTSP penilaian dilakukan hanya berdasarkan pengetahuan saja. Selain itu, pramuka dalam KTSP bukanlah ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh peserta didik, sednagkan dalam K13 semua peserta didik wajib mengikuti kegiatan pramuka.
Sw : Lalu, apa alasan Ibu untuk tetap menggunakan kurikulum 2013 dan tidak kembali ke kurikulum KTSP?
Ks : Hal itu dikarenakan, di sekolah yang ibu pimpin lebih cocok menggunakan K13. Pencapaian tujuan akan lebih mudah dilakukan. Peserta didik dan guru akan dapat berkembang lebih baik dengan menggunakan K13.
Sw : Baiklah Ibu, terima kasih telah memberikan waktu Ibu untuk melakukan wawancara ini.
Ks : Iya, sama-sama.
Sw : Selamat siang, Ibu.
Ks : Selamat siang juga.

Dari contoh di atas, dapat dilihat bahwa siswa tersebut menggunakan bahasa dan pertanyaan yang sopan. Siswa tersebut juga tidak menyela pembicaraan dari si nara sumber.

Demikianlah contoh teks wawancara tentang pendidikan terbaru dengan tema Wawancara Perbedaan Kurikulum 2013 dengan KTSP Materi Bahasa Indonesia. Diharapkan contoh di atas, dapat membantu kalian dalam menyelesaikan tugas sekolah tentang teks wawancara.  Terima kasih 
Contoh Teks Wawancara tentang Pendidikan Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5