Pengertian dan Contoh Kalimat Keterangan Cara, Kesertaan, dan Alat Lengkap

Bahasa Indonesiaku - Pengertian dan contoh kalimat keterangan cara, kesertaan, dan alat - Keterangan merupakan kalimat yang berfungsi sebagai penambah informasi serta untuk memperjelas keterangan sebelumnya yang ada pada kalimat inti. Dengan kata lain, keterangan bukanlah merupakan bagian dari kalimat inti atau kalimat utama, namun merupakan penjelas dari topik utama yang dibicarakan pada kalimat inti. Karena fungsinya yang hanya digunakan untuk memperjelas, maka kalimat keterangan bisa digunakan atau tidak, tergantung dari kebutuhan kalimat inti itu sendiri. Keterangan dalam Bahasa Indonesia terbagi menjadi berbagai jenis, yakni keterangan cara, keterangan kesertaan, serta keterangan alat. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan lengkap berikut ini ya. 

Pengertian dan contoh kalimat keterangan cara, kesertaan, dan alat


Keterangan Cara - Keterangan cara merupakan jenis keterangan yang berfungsi untuk menjelaskan tentang bagaimana cara melakukan sesuatu. Biasanya, keterangan cara disini untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar tentang bagaimana subjek melakukan tindakan tertentu yang dijelaskan pada kalimat inti. Untuk memperjelas, perhatikan contoh kalimat keterangan cara di bawah ini!

Contoh :
Sinta bernyanyi dengan merdunya 
  S         P         Ket.Cara 

Contoh kalimat diatas merupakan contoh kalimat yang mengandung keterangan cara. Kalimat inti dari contoh kalimat di atas adalah “Sinta bernyanyi”, kemudian diperjelas oleh keterangan cara “dengan merdunya”, sebagai informasi pada pembaca bahwa Sinta bernyanyi dengan cara yang merdu. 

Keterangan Kesertaan - Keterangan kesertaan merupakan keterangan yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar tentang bersama siapa subjek melakukan suatu tindakan. Inilah yang membuat jenis keterangan kesertaan ini identik dengan penggunaan kata “bersama, atau dengan”. Perhatikan contoh kalimat keterangan kesertaan berikut ini.

Contoh:
Dewi berangkat ke sekolah bersama Mita tadi jam 6 pagi
   S       P   Ket. Tempat    Ket. Penyerta          Ket. waktu

Pada contoh kalimat diatas terdapat beberapa kata yang memiliki fungsi sendiri dalam sintaksis. Adapun penggunaan keterangan kesertaan, terdapat pada frasa “bersama Mita”, yang menjelaskan bahwa Dewi sebagai subjek berangkat kesekolah dengan mengikutsertakan Mita bersamanya, dan berangkat pada waktu yang sama.

Keterangan Alat - Keterangan alat merupakan keterangan yang menjelaskan atau memberikan informasi kepada pendengar atau pembaca mengenai apa yang digunakan subjek dalam melakukan suatu tindakan. Dengan demikian, keterangan alat ini biasanya identik dengan penggunaan kata “dengan, atau menggunakan”. Perhatikan contoh kalimat keterangan alat berikut ini.

Contoh:
Mario bernyanyi menggunakan gitar
   S            P     Ket. Alat

Contoh kalimat diatas menggunakan keterangan alat yang terdapat pada frasa “menggunakan gitar”. Frasa keterangan alat tersebut menjelaskan kepada pendengar atau pembaca bahwa Mario bernyanyi dengan menggunakan gitar sebagai musiknya. 

\Contoh Kalimat Keterangan Cara

  1. Dia berlari dengan cepatnya.
  2. Melan membaca puisi dengan indahnya
  3. Santosa membaca text UUD 1945 dengan lantangnya
  4. Pak kepala sekolah menjelaskan dengan rincinya mengenai aturan berpakaian bagi siswa.
  5. Talita mengendarai motor dengan pelannya
  6. Dia menulis dengan cepatnya karena ingin segera pulang. 
  7. Ia berbegas berangkat kesekolah dengan gesitnya. 


Contoh Kalimat Keterangan Kesertaan

  1. Susi belanja kepasar bersama Meli.
  2. Ayah berlibur ke Pangandaran bersama ibu 
  3. Deni bernyanyi dengan bandnya.
  4. Sultan memberi makan sapi dengan adiknya
  5. Siska mengerjakan PR dengan teman sekelasnya tadi siang
  6. Sudah lama ibu ingin pergi berdua saja bersama ayah mengingat sudah lama pula mereka tidak merayakan hari ulang tahun pernikahannya.
  7. Susi sedang bekerja kelompok bersama teman-teman sekelasnya. 


Contoh Kalimat Keterangan Alat

  1. Karena tidak ada alat pel, adik mengepel lantai dengan kain seadanya.
  2. Silvia melukis pemandangan yang indah dengan kuas ditangannya.
  3. Kami sekeluarga pergi ke Bali menggunakan pesawat
  4. Kami bernyanyi menggunakan piano
  5. Mereka presentasi didepan kelas menggunakan power point dan infocus
  6. Dia mengerjakan skripsinya menggunakan laptop Dewi karena laptopnya rusak. 
  7. Karena infocus mengalami kerusakan, akhirnya Pak Dosen menjelaskan menggunakan bahan materi pada buku seadanya.
Itulah tadi penjelasan sederhana tentang pengertian dan contoh kalimat keterangan cara, kesertaan, dan alat yang bisa saya berikan. Semoga bisa membantu kalian dalam mempelajarinya. Terimakasih.
Pengertian dan Contoh Kalimat Keterangan Cara, Kesertaan, dan Alat Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5