Pengertian dan Contoh Surat Jual Beli dalam Bahasa Indonesia Terbaru

Bahasa Indonesiaku - Pengertian dan contoh surat jual beli – Sebelum kita membahas tentang surat jual beli. Pernahkah kalian melakukan transaki jual beli barang? Baik dalam jumlah besar maupun kecil? Ya, jika kalian sering melakukan transaksi jual beli, ada baiknya dilengkapi dengan dokumentasi yang berupa surat jual beli. Surat jual beli adalah surat kesepakatan antara penjual dan pembeli, di mana surat tersebut berisi perjanjian yang isinya telah disepakati dan ditandatangani ileh kedua belah pihak. Dalam penandatangan surat tersebut biasanya akan dihadirkan orang ketiga sebagai saksi. Isi surat jual beli berkaitan dengan apa yang dijual, siapa yang menjual, siapa yang membeli, harga yang disepakati dan waktu serta tempat penandatangan surat jual beli tersebut.

Surat jual beli biasanya digunakan dalam berbagai hal, contohnya jual beli tanah, bangunan, mobil, dan lain-lain. Fungsi surat ini jelas untuk bukti otentik pemindahtangan suatu barang dan adanya transaksi di dalamnya. Perhatikan contoh surat jual beli berikut ini.

Contoh surat jual beli Tanah


SURAT JUAL BELI SEBIDANG TANAH KOSONG


Pada hari Selasa, 26 Januari 2016, bertempat di rumah Bapak Saipul Rahmadi yang beralamat di jalan Cempaka Indah Nomor 123, Labuhan Ratu Bandar Lampung, telah diadakan perjanjial jual beli yang ditandai dengan penandatanganan surat perjanjian, antara:

1.    Nama : Agung Sasongko
       Umur : 30 tahun
       Pekerjaan         : Petani
       Alamat         : Jl. Komodo 6 No. 56 Bandar Lampung

Dalam hal ini bertindak atas nama dirinya sendiri yang selanjutnya disebut dengan PIHAK PERTAMA.

2. Nama : Gilang Antoniawan
        Umur : 45 tahun
        Pekerjaan : Wiraswasta
        Alamat : Jl. Cengkeh no. 4 Sukarame Bandar Lampung.

Dalam hal ini bertindak atas dirinya sendiri yang selanjutnya disebut dengan PIHAK KEDUA.

PIHAK PERTAMA telah menjual kepada PIHAK KEDUA berupa tanah dengan rincian sebagai berikut:
Luas keseluruhan tanah : 500 meter persegi
Nomor sertifikat tanah : (0898987976879)
Batas sebelah utara : Pagar Bagunan Ruko Pratama
Batas sebelah selatan : Jalan raya
Batas sebelah barat : Rumah Bapak Karmin
Batas sebelah timur : Bibir pantai

Kedua belah pihak telah menyepakati untuk mengadakan ikatan perjanjian jual beli dimana syarat dan ketentuan diatur dalam beberapa pasal di bawah ini:

Pasal 1

JAMINAN PIHAK PERTAMA
PIHAK PERTAMA memberikan jaminan penuh bahwa tanah yang dijual merupakan ayang tertulis rinciannya di atas dan sesuai dengan sertifikat tanah tersebut. Selain itu, tanah tersebut harus memiliki hal berikut:
1. Sah milik pribadi
2. Memiliki SHM
3. Tidak ada orang lain yang turut memilikinya.
4. Hak kepemilikannya tidak bermasalah dengan siapapun.

Pasal 2

SAKSI-SAKSI
Jaminan PIHAK PERTAMA sebagaimana sebagaimana yang tertulis dalam pasal pertama dikuatkan oleh  dua orang yang turut menandatangani surat perjanjian itu. Saksi tersebut teratas nama:
Nama : Sulaiman
Pakerjaan         : Wirausaha
Alamat : Jalan Tupai nomor 34 Untung, Bandar Lampung.
Hubungan : Kakak kandung

Pasal 3

MASA BERLAKU PERJANJIAN
  1. Masa berlakukanya surat perjanjian ini tidak akan berakhir karena salah satu pihak meninggal dunia melainkan akan tetap bersifat turun temurun dan harus dipatuhi oleh para ahli waris atau penerima hak masing-masing pihak.
  2. Segala hak yang telah dipindah tangankan dalam perjanjian tidak dapat ditarik kembali.


Pasal 4

HARGA
Harga tanah yang dijual adalah senilai Rp. 250.000.000, 00 (dua ratus juta rupiah).

Pasal 5

CARA PEMBAYARAN
Untuk pembayaran tanah yang dijual dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara tunai dan via transfer bank. PIHAK KEDUA menetapkan cara pembayaran dengan syarat dan ketentuan yang juga telah disepakati PIHAK PERTAMA.


Pasal 6

PENUTUP
Surat perjanjian ini dibuat di atas kertas bermaterai yang ditandatangani dan dibuat dua rangkap dan berkekuatan hukum. Kedua belah pihak akan memegang surat perjanjian masing-masing.

PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA



Agung Sasongko                 Gilang Antoniawan


Demikian Pengertian dan contoh surat jual beli yang dapat kami paparkan. Diharapkan dengan membaca tulisan ini kalian dapat memahami dalam membuat surat jual beli. Terima kasih telah membaca tulisan dengan judul Pengertian dan contoh surat jual beli.
Pengertian dan Contoh Surat Jual Beli dalam Bahasa Indonesia Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5