Pengertian Nomina dan Pronomina beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Nomina dan Pronomina beserta Contohnya - Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang nomina dan promina beserta contoh dan perbedaan keduanya. Langsung saja kita simak bersama penjelasannya berikut ini. 


Pengertian Nomina - 

Nomina merupakan semua kata yang dibendakan. Dalam Bahasa Indonesia, makna dari nomina itu sendiri bisa dilihat dari dua sudut pandang, yakni makna secara semantik, serta makna secara sintaksis. Secara semantik, nomina merupakan kata yang sebenarnya mengacu pada benda, manusia, nama, atau hal-hal lain yang kemudian dibendakan. Adapun makna nomina dari sudut pandang sintaksis mempunyai yakni berfungsi sebagai subjek, objek, atau pelengkap yang predikatnya verba.

Contoh: 
  1. Pak Kasim membangun jembatan. (Kata “Pak Kasim” dan “jembatan” merupakan benda hidup serta benda mati yang berfungsi sebagai subjek serta objek dan dibendakan sehingga merupakan bagian contoh dari nomina).
  2. Vivi sedang mencarikan Dewi pekerjaan. (Kata “pekerjaan” disini berfungsi sebagai pelengkap yang dibendakan atau disebut dengan nomina).


Jenis-jenis nomina beserta contohnya:

Nomina konkret
Nomina konkret merupakan benda-benda yang terlihat, nyata, serta bentuknya bisa dideskripsikan oleh pancaindra seperti pensil, pulpen dll.

Nomina khusus
Nomina khusus merupakan nomina yang digunakan untuk nama-nama benda tertentu secara khusus, seperti nama orang, nama kota, nama negara, dll.

Nomina umum
Nomina umum merupakan nomina yang digunakan untuk kata benda yang bersifat umum seperti pelajar, desa dll.

Nomina kolektif
Nomina kolektif merupakan nomina yang digunakan untuk kata benda yang mengandung arti kumpulan seperti hadirin, semua, dll.

Nomina abstrak
Nomina abstrak merupakan nomina yang tidak bisa dilihat bentuknya serta tidak bisa dideskripsikan oleh pancaindra, sepertii cinta, kecewa, dll.

Pengertian Pronomina - 

Pronomina merupakan kata yang mengacu pada nomina lain. pronomina juga sering disebut dengan istilah kata ganti, yang menggantikan nomina lain. Seperti nama seseorang dengan “dia”, kemudian kata benda “meja, atau kursi”, menggunakan pronomina “-nya”. Dengan demikian, pronomina memiliki fungsi yang nyaris sama dengan nomina secara sintaksis, dimana pronomina juga bisa menduduki posisi subjek atau objek dalam sebuah kalimat. Pronomina dalam Bahasa Indonesia terdiri dari beberapa jenis, diantaranya: 

Pronomina Persona
Pronomina persona merupakan pronomina yang digunakan untuk kata ganti orang. Dengan demikian, pronomina persona ini bisa merujuk pada pronomina persona pertama (diri sendiri), bisa juga merujuk pada pronomina persona kedua (orang yang diajak bicara), atau bisa juga merujuk pada pronomina persona ketiga (orang yang dibicarakan). 
  1. Pronomina persona pertama merupakan pronomina yang berbentuk baku dengan pemakaian yang berbeda. Dengan kata lain, kata-kata pronomina memiliki porsi tertentu tergantu situasinya. Seperti pronomina persona pertama, saya, aku, dan ku. Pronomina saya, biasanya digunakan dalam situasi yang formal, sedangkan pronomina aku dan ku biasanya digunakan dalam situasi non formal. 
  2. Pronomina persona kedua merupakan pronomina dengan wujud kata-kata seperti kamu, anda, serta engkau. Kamu dan kau biasanya digunakan untuk seseorang yang diajak berbicara dalam situasi non formal. Sedangkan anda, biasanya digunakan dalam situasi formal. Adapun pronomina persona engkau, biasanya digunakan dalam karya sastra seperti puisi. 
  3. Pronomina persona ketiga bisa berwujud dengan kata ganti dia, ia, -nya. Kata ganti dia biasanya digunakan dalam situasi non formal. Sedangkan kata ganti ia dan –nya bisa ditemukan dalam situasi formal maupun nonformal. 

Pronomina Penunjuk
Pronomina penunjuk terbagi menjadi tiga jenis, yakni 

1. Pronomina penunjuk tempat: Yakni pronomina yang berfungsi sebagai penunjuk lokasi tertentu, seperti: sini, sana, dan situ

2. Pronomina penunjuk umum : Yakni pronomina yang mengacu pada hal yang dekat dengan pembicara atau penulis, seperti: ini, itu, anu.

3. Pronomina Penanya :
Pronomina penanya merupakan pronomina yang digunakan untuk pertanyaan yang bisa mengacu pada:
· Orang, seperti : Siapa?
· Barang, seperti: Apa?
· Pilihan, seperti: Mana? 

Itulah penjelasan lengkap tentang pengertian nomina dan pronomina beserta jenis dan contohnya yang bisa saya berikan. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam mempelajari materi tersebut. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel lainnya yang bisa kalian baca dan jadikan referensi belajar. Terimakasih. 
Pengertian Nomina dan Pronomina beserta Contohnya Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5