2 Contoh Teks Wawancara Singkat tentang Kesehatan Terbaru

Contoh teks wawancara tentang kesehatan – Banyak orang yang menginginkan pekerjaan untuk mendapatkan uang demi melengkapi kebutuhan hidupnya. Namun, untuk mendapatkan suatu pekerjaaan, seseorang harus melewati beberapa tahapan salah satunya wawancara. Wawancara adalah kegiatan percakapan antara dua orang atau lebih yang terdiri dari narasumber dan pewawancara untuk bertanya jawab tentang suatu topik. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi. Kegiatan wawancara banyak digunakan saat seseorang melamar pekerjaan, wartawan dalam mencari informasi, dan lain-lain. 

Wawancara memiliki tujuh bentuk, yaitu wawancara berita, wawancara dengan pertanyaan yang telah disiapkan, wawancara jarak jauh (telepon), pribadi, wawancara dengan banyak orang, mendadak, dan wawancara dengan banyak pewawancara dengan satu narasumber. Namun, bila dilihat dari segi pelaksanaannya wawancara dibagi menjadi tiga yaitu, wawancara bebas, terpimpin, dan wawancara bebas terpimpin. Untuk lebih jelas, perhatikan contoh naskah wawancara tentang kesehatan berikut ini.

Contoh teks wawancara tentang kesehatan


Contoh teks wawancara tentang kesehatan pertama


Berikut ini adalah contoh wawancara dengan seorang dokter tentang kesehatan mengkonsumsi banyak air putih.

Pewawancara : Selamat siang, Dok!

Dokter : Selamat siang, ada yang bisa saya bantu?

Pewawancara : Iya, begini Dok, saya ingin menanyakan beberapa hal tentang apa fungsi atau manfaat air minum untuk kesehatan tubuh kita?

Dokter       : Baik, tubuh memang memerlukan banyak cairan untuk membantu peredaran darah dalam tubuh. Salah satu cair yang baik adalah air mineral. Banyak manfaat yang dimiliki oleh air mineral dalam tubuh kita, seperti penghilang dehidrasi dan haus, meningkatkan energy, mengontrol kalori dan menurunkan berat badan, membuat kulit halus dan cerah, menjaga fungsi ginjal, dan mencegah penuaan dini. Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat yang kita dapat dengan mengkonsumsi air minum secara rutin. 

Pewawancara : Lalu bagaimana kalau tubuh kita kekurangan cairan atau air putih?

Dokter        : Karena air putih mengandung banyak manfaat bagi tubuh, maka ketika kekurangan air minum, maka akan terjadi beberapa dampak bagi tubuh. Dampak yang terjadi seperti, kulit kusam, teranggunya fungsi ginjal, kurangnya konsentrasi yang juga akan berakibat mudah mengantuk, berhalusinasi, tenggorokan kering, dan lain sebagaianya. 

Pewawancara : Berapa takaran air mineran yang dibutuhkan oleh tubuh kita?

Dokter    : Menurut International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) menyarankan kalau kita hanya minum pada saat merasa haus dan dahaga. Mengkonsumsi air minum secara cukup tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Disarankan untuk mengkonsumsi 0,03 liter per kg berat badan kita. Jika kita sering mendengar kalau kita harus minum 2 liter air dalam sehari itu bukan berarti hanya air minum saja, tetapi semua cairan seperti susu, sayur yang mengandung kuah dan buah-buahan.

Pewawancara : Adakah waktu yang baik untuk minum air mineral?

Dokter : Selain hanya saat kita merasa haus dan dahaga, ada beberapa waktu yang tepat untuk mengkonsumsi air minum, yaitu setelah bangun tidur, sebelum dan sesudah makan, dan sebelum tidur. 

Pewawancara : Apa saran dokter untuk masyarakat tentang kesehatan tubuh dan kaitannya dengan air mineral?

Dokter : Minumlah air secara cukup dan saat yang tepat. Karena kelebihan dan kekurangan asupan air pun akan berdampak bagi kesehatan tubuh.

Pewawancara : Baiklah dok, penjelasannya begitu jelas dan saya yakin akan bermanfaat bagi siapa aja yang mendengarkan dan khususnya bermanfaat buat saya. Terima kasih telah memberikan waktunya untuk melakukan wawancara ini.

Dokter : Iya, sama-sama. Semoga penjelasan tadi dapat membantu siapa saja untuk terus hidup sehat.

Pewawancara : Sekali lagi terima kasih dan selamat siang Dok!.

Dokter : Selamat siang.

Contoh teks wawancara tentang kesehatan kedua


Saat ini, banyak sekali gangguan kesehatan yang menjangkit mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Banyak factor yang mempengaruhi semua itu. Berikut ini adalah wawancara yang dilakukan oleh pewawancara ke pada salah satu ahli gizi untuk menjelaskan tentang pola hidup sehat.

Pewawancara : Selamat pagi, Ibu! 

Narasumber : Selamat pagi, ada yang bisa saya bantu?

Pewawancara : Iya, saya ingin menanyakan beberapa hal tentang pola hidup sehat. Sebenarnya, apa pola hidup sehat itu Bu?

Narasumber : Pola hidup sehat adalah pola hidup yang memperhitungkan kesehatan tubuh. Mulai dari aktivitas dan asupan makanan yang berpengaruh pada kesehatan. Dengan menjalankan pola hidup sehat, kita akan mendapatkan tubuh yang sehat pula.

Pewawancara : Bagaimana seseorang bisa melakukan pola hidup sehat?

Narasumber : Pola hidup sehat sangat mudah untuk dijalankan. Mulai dari mengatur pola istirahat, pola makan, dan pola olahraga. Pola istirahat adalah mengatur pola istirahat kita dengan baik dan teratur. Pola tidur yang baik sebenarnya sebenarnya adalah jam 9 malam sampai dengan jam 6 pagi. Pola makan 4 sehat 5 sempurna di secara teratur juga dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan tubuh.  Selain itu, pola olahraga juga perlu kita perhatikan. Setidaknya kita harus tetap berolahraa minimal 3x seminggu secara teratur. 

Pewawancara : Apakah seseorang yang telah melakukan pola hidup sehat masih dapat terkena penyakit?

Narasumber : Jelas bisa, namun dengan pola hidup sehat setidaknya kita bisa mengurangi kemungkinan untuk terkena penyakit. Pola hidup sehat akan membantu menjaga imun kita akan tetap kuat. 

Pewawancara : Baiklah, terima kasih atas informasi yang telah diberikan kepada saya. Selamat siang.

Narasumber : Iya, sama-sama semoga informasi ini dapat bermanfaat buat semua. Selamat siang.

Dari kedua teks wawancara di atas kita dapat melihat bahwa wawancara di atas merupakan wawancara terpimpin yang menyiapkan pertanyaannya terlebih dahulu. Wawancara ini biasa dilakukan bila pewawancara telah mengetahui siapa dan tema apa yang akan diambil. 

Demikian contoh wawancara tentang kesehatan. Diharapkan kedua contoh di atas dapat membantu kalian dalam memahami pembuatan teks wawancara atau dalam melakukan praktik wawancara. Silakan kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net untuk mendapatkan artikel lainnya. Terima kasih.
2 Contoh Teks Wawancara Singkat tentang Kesehatan Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5