20 Contoh Kalimat Majas Alusio dan Penjelasan Lengkap

Pengertian dan contoh majas alusio – Majas alusio merupakan  salah satu jenis majas pertautan. Maja alusio adalah majas yang menggunakan kata-kata yang berkaitan dengan peristiwa umum yang terjadi atau bisa juga diartikan sebagai penggunaan kata umum yang bertujuan untuk mengutarakan maksud seseorang. Definisi lain dari majas alusio adalah gaya bahasa yang digunakan kata-kata yang merujuk pada peristiwa, legend, perumpamaan, tokoh atau kejadian-kejadian penting yang terjadi pada masa lalu dan dianggap sudah diketahui jelas oleh si lawan bicara. Untuk lebih jelas tentang majas alusio perhatikan contoh kalimat majas alusio berikut ini.

Pengertian dan contoh kalimat majas alusio 


1. Aku merasa sedih saat melihat kehidupanmu seperti cerita bawang merah dan bawang putih.

Dari contoh kalimat di atas, dapat dilihat bahwa si penutur beranggapan bahwa si pendengar atau si lawan bicara paham akan cerita si bawang merah dan bawang putih. Penutur bermaksud ingin mneyampaikan rasa kasihan kepada si lawan bicara karena adanya tindakan yang tidak baik dalam kehidupan keluarganya seperti dalam cerita bawang merah dan bawang putih.

2. Sebagai seorang guru, saya paling senang saat melihat semangat laskar pelangi ada dijiwa anak-anak didikku.

Kalimat di atas penutur beranggapan kalau si lawan bicara paham akan semangat laskar pelangi yang disampaikan. Maksud yang ingin disampaikan adalah semangat pantang menyerah dan terus emangat belajar yang ditunjukkan oleh anak-anak dalam novel atau film laskar pelangi.

3. Lebih besar pasak dari pada tiang, begitulah yang akan terjadi kepada kita kalau pemerintah menaikkan harga sembako tanpa diimbangi dengan kenaikan gaji.

Pada kalimat tersebut penulis ingin menyampaikan bahwa pendapatannya tidak lebih besar dari pada pengeluarannya. Si penutur beranggapan bahwa si lawan bicara paham akan maksud tersebut saat si penutur menggunakan istilah lebih besar pasak dari pada tiang.

4. Cita-cita Farhan menjadi the next Valentino Rossi mungkin akan mengalami banyak rintangan. 

Penutur dalam kalimat di atas beranggapan bahwa si lawan bicara mengetahui siapa Valentino Rossi. Sehingga saat kalimat itu di ungkapkan penutur tidak akan lagi menjelaskan secara rinci siapa Valentino Rossi. 

5. Tidak hanya warga Aceh, seluruh dunia akan tetap mengenang tanggal 26 Desember 2004.

Penyebutan tanggal26 Desember 2004 dimaksudkan oleh penutur untuk membicarakan tentang musibah besar yang pernah terjadi si Aceh yaitu tsunami. Anggapan penutur bahwa semua orang akan memahami tanggal itu akan memudahkan penutur untuk tidak menjelaskan kejadian secara rinci di tahun itu.

Demikian beberapa contoh dan penjelasan tentang kalimat yang menggunakan majas alusio dalam kehidupan sehari-hari. Apakah sudah memahaminya? Jika masih belum memahami, perhatikan beberapa contoh majas alusio berikut ini.

Contoh kalimat majas alusio

6. Jangan sampai kejadian Tri Sakti terulang kembali di tahun-tahun ini.
7. Karena dia termasuk orang yang tong kosong nyaring bunyinya, banyak orang yang tidak mau berteman dengannya.
8. Megawati berhasil menjadi kartini modern yang membanggakan negara karena pernah menjadi presiden wanita pertama di Indonesia.
9. Kita tidak bisa bayangkan jika semua kekayaan Freeport menjadi milik orang asing.
10. Jaman sekarang banyak sekali tua-tua keladi dijalanan, membuat takut.
11. Saat liburan nanti saya ingin pergi ke Paris Van Java bersama teman-teman.
12. Peristiwa 98 membuatku tak lagi berani menginjakkan kaki ke Jakarta. 
13. Sudah seiang begini tapi batang hidungnya tidak juga terlihat, apa dia lupa kalau hari ini ada pertemuan penting?
14. Setiap hari dia datang dengan wajah cerianya, aku semakin yakin pasti ada kura-kura dalam perahu.
15. Peringatan Proklamasi ini di tandai dengan upacara bendera.
16. Sampai sekarang aku masih saja berharap kalau Adindalah yang menjadi tulang rusukku.
17. Rencana liburan ke pulau dewata tidak mendapat respon yang positif dari kedua orangtuaku.
18. Sudah sejak 2006 ibu menjadi pahlawan devisa dan berjuang melawan rasa takut tidak dapat kembali pulang ke kampung halaman.
19. Aku sudah tahu, kalau ucapannya mengandung banyak sihir. Apapun yang diucapkannya tidak akan bisa dipercaya.
20. Kenangan pernah bercanda tawa di Malioboro membuatku ingin kembali lagi ke masa itu.


Demikian pengertian dan contoh majas alusio. Diharapkan dengan membaca artikel ini, akan membantu kalian dalam membuat tugas dan dapat menambah ilmu pengetahuan kalian tentang majas alusio. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya, ada banyak sekali artikel lainnya yang membahas tentang materi pelajaran bahasa Indonesia dilengkapi dengan contohnya. Terima kasih.
20 Contoh Kalimat Majas Alusio dan Penjelasan Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5