20 Contoh Kalimat Majas Sinisme beserta Penjelasan Lengkap

Contoh kalimat majas sinisme – Majas adalah gaya bahasa yang digunakan untuk menyatakan atau mengungkapkan Sesuatu dengan tujuan membri efek tertentu pada kalimat atau ungkapan tersebut. Majas memiliki banyak jenis, salah satunya adalah majas sindiran. Seperti yang pernah kita pelajari sebelumnya, bahwa majas sindiran adalah majas yang bermaksud menyindir dengan kata-kata tertentu. Dengan kata lain kata yang diungkapkan memiliki arti yang tidak sebenarnya. Contoh majas sindiran adalah ironi dan sinisme. Berbeda  majas ironi yang pernah kita pelajari, majas sinisme adalah merupakan majas sindiran yang langsung diungkapkan kepada seseorang dan memiliki arti mengejek, menghina, atau merendahkan sekalipun. Majas sinisme lebih dikenal dengan majas kasar yang secara terang-terangan mengungkapkan sindiran tersebut. 

Tujuan dari penggunaan majas sinisme dalam kehidupan sehari-hari adalah menungkapkan kekecewaan atau rasa tidak suka terhadap seseorang dan berharap seseorang itu akan mengubah atau memperbaiki sesuatu yang tidak menyenangkan itu secara sadar. Berikut ini adalah contoh kalimat yang menggunakan majas sinisme. Yuk kita pelajari bersama. 

Contoh kalimat majas sinisme lengkap

.
1. Kamu memang bodoh dalam memilih pacar. Buktinya berapa kali kamu dibodohi olehnya sampai saat ini? 
2. Apa kamu bodoh tidak bisa membedakan mana barang asli atau palsu? Barang paslu dan murah saja kamu pamer-pamerka dengan bangga.
3. Sudah saya peringatkan untuk mencari pacar jangan hanya liat fisik saja. Bodoh sih kamu, akhirnya tertipukan dengan kecantikan pacarmu itu.

Kalimat di atas memiliki kalimat sindiran yang langsung menyatakan maksud yang ingin diutarakan. Kalimat di atas ingin mengatakan bahwa seseorang benar-benar bodoh seperti pada arti yang sesungguhnya. 

4. Orang terpelajar sepertimu tak pantas mengatakan kata-kata yang tidak sopan begitu apalagi saat berbicara dengan orang yang usianya lebih tua darimu.

Kalimat di atas menggunakan majas sinisme untuk menyatakan secara langsung bahwa seseorang telah berlaku tidak sopan saat berbicara dengan orang yang lebih tua.

Seperti pada tujuannya, dengan menggunakan majas ini pendengar akan segera melakukan perbaikan atas apa yang diungkapkan oleh si penutur. Selain kalimat-kalimat dengan penjelasan di atas, berikut ini juga merupakan contoh-contoh kalimat yang menggunakan majas sinisme. 

5. Tulisanmu jelek sekali, ku sarankan untuk tidak mengikuti lomba menulis agar kau tak malu nantinya.
6. Pakaian lusuhmu ini sebaiknya kamu ganti sebelum aku yang mengantinya dan membuangnya.
7. Kamu seperti tidak punya hati, anak kecil saja kau marahi sebegitunya. Itu sangat keterlaluan!
8. Sepatumu kotor sekali! Lantainya jadi kotor lagi setelah dipel.  
9. Kamu tidak pernah gosok gigi ya? Bau mulut dan warna gigimu sangat pengganggu pembicaraan ini.
10. Hanya dengan meilihat gambar saja pikiranmu menjadi sekotor itu, kamu memang punya otak mesum. Ku sarankan kau perbanyak sholat.
11. Kamarmu ini berantakan sekali, kamu memang jorok segeralah rapikan agar terlihat lebih baik.
12. Kamu memang penipu! Berapa orang yang sudah kamu tipu? Sebaiknya segeralah bertobat atau Tuhan akan menghukummu lebih berat lagi.
13. Pemimpin itu memang licik, dia memanfaatkan kekuasaannya untuk mendapatkan apa saja yang dia inginkan.
14. Bagaimana aku bisa membaca ceritamu kalau tulisannya saja jelek begini.
15. Teroris itu memang kejam dan tidak berprikemanuasiaan! Dia membunuh semua yang dianggapnya salah.
16. Para koruptor itu memang tak tahu malu dan seakan tak punya moral lagi. mengambil uang rakyat dengan santainya dan ditangkap polisi hanya senyum saja. Mereka memalukan bangsa.
17. Dia memang anak bodoh, 1+1 saja dia tidak tahu hasilnya berapa. Mau jadi apa nantinya dia kalau begitu terus.
18. Jelita memang anak yang jorok. Dia bisa tidak mandi setiap hari saat musim hujan. 
19. Kamu harus segera mengganti tas jelekmu ini agar buku-bukumu tidak lagi basah terkena hujan.
20. Tingkahmu menjadi brutal setelah melihat orang yang kamu suka berjalan dengan pria lain.

Demikianlah Pengertian dan contoh majas sinisme lengkap. Diharapkan penjelasan di atas dapat membantu dan menambah pengetahuan kalian tentang majas sinisme lengkap. Jangan lupa kunjungi blog saya di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel yang bisa kalian baca tentang materi pelajaran bahasa Indonesia.Terima kasih 
20 Contoh Kalimat Majas Sinisme beserta Penjelasan Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5