Contoh Kalimat Majas Klimaks beserta Penjelasan Lengkap

Contoh majas klimaks lengkap – Majas atau gaya bahasa adalah ungkapan yang digunakan untuk menungkapkan ssuatu dengan tujuan penghalusan atau member efek pada kata-kata yang  ingin diungkapkan. Salah satu majas atau gaya bahasa adalah majas klimaks. Majas klimaks adalah ungkapan untuk  menyatakan sesuatu hal yang memuncak. Majas ini termasuk dalam majas penegasan. Majas penegasan lebih mengutamakan menggunkan kata-kata untuk menegaskan ide atau pendapat yang ingin diutarakan kepada orang lain. 

Ciri utama majas klimaks adalah penggunaan kata-kata secara berturut-turut serta memiliki korelasi dengan kata yang ditegaskan. Dengan menggunakan majas ini, pembicara akan lebih terkesan meyakinkan dan terlihat lebih tegas dalam menyampaikan pendapatnya atau gagasannya, serta mampu membuat pembaca atau pendengar lebih terkesan. Sebaliknya, pendengar majas klimaks akan lebih merasa yakin atas gagasan tersebut. Untuk memahami lebih lanjut tentang penggunaan majas atau gaya bahasa klimaks, perhatikan contoh kalimat yang menggunakan majas klimaks berikut ini. 


Contoh kalimat majas klimaks lengkap


1. Audisi penyanyi berbakat yang diadakan di Jakarta melibatkan semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. 

Dari contoh di atas, dapat kita lihat bahwa penggunaan kata semua kalangan masih atau bahkan memiliki kesamaan arti dengan kata-kata yang diungkapkan setelahnya yaitu kata baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. Kata pertama dengan kata kedua masih memiliki korelasi yang jelas. Jelas, penggunaan kata-kata kedua hanya digunakan untuk mempertegas kata sebelumnya.

2. Semua tingkatan sosial mulai dari yang miskin sampai yang kaya, akan mendapatkan bantuan secara berjangka dari pemerintah akibat dari tanah longsor tersebut.

Sama halnya dengan penjelasan pada contoh pertama. Contoh kedua juga memiliki penegasan pada kata keduanya yaitu dari yang miskin sampai yang kaya. Kata-kata tersebut menegaskan kata pertama yang berbunyi semua tingkatan sosial.  

3. Bingkisan itu diberikan oleh kepala sekolah SD Taruna Bakti  kepada semua anak didiknya mulai dari kelas 1 SD sampai dengan kelas 6 SD.

Dari contoh di atas, dapat kita lihat bahwa penggunaan kata semua anak didiknya masih atau bahkan memiliki kesamaan arti dengan kata-kata yang diungkapkan setelahnya yaitu kata mulai dari kelas 1 SD sampai dengan kelas 6 SD. Kata pertama dengan kata kedua masih memiliki korelasi yang jelas. Jelas, penggunaan kata-kata kedua hanya digunakan untuk mempertegas kata sebelumnya.

Demikian penjelasan singkat tentang penggunaan majas klimaks dalam sebuah kalimat. Untuk menambah contoh kalimat dengan menggunakan majas klimaks, berikut contoh lainnya.

4. Semua kelas, yakni kelas VII, VIII, dan IX diharapkan ikut berpartisipasi dalam kegiatan menyambut peringatan hari kartini.
5. Semua makhluk hidup mengalami proses pertumbuhan baik manusia, hewan, dan tumbuhan akan lahir, tumbuh, dan mati.
6. Toko Pak Nur menjual semua peralatan kantor dan sekolah, seperti pena, buku, tas, penggaris, map, bindex, kertas, buku, agenda, dan lain sebagainya.
7. Adisa menjual semua pernak-pernik perempuan dari berbagai harga. Mulai dari harga ratusan, ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan jutaan ada di sana.
8. Jika ingin membeli baju dan memilih ukuran yang tepat, took baju Mutiara menjual pakaian dari berbagai ukuran mulai dari SS, S, M, L, XL, XXL dan ukuran lebih besar lagi dapat kita dapati ketika kita melakukan pemesannan.
9. Kupu-kupu tidak menjadi cantik begitu saja. Dia memiliki perubahan bentuk yang luarbiasa sejak dari seekor ulat menjadi kepompong, lalu menjadi sebuah kupu-kupu yang cantik.
10. Semua anak diharapkan mengenyam pendidikan tingkat Sekolah Dasar, SMP, dan SMA karena semua tingkatan sekolah itu penting untuk kelangsungan masa depan mereka.
11. Tempat parkir yang ada di lantai dasar tempat perbelanjaan di Tanjung Karang dipenuhi oleh berbagai jenis kendaraan seperti becak, sepeda, sepeda motor, dan mobil.
12. Pemimpin daerah yang menjabat Bupati, Walikota, dan Gubernur haruslah memberikan contoh yang baik kepada masyarakatnya dan bisa dipercaya kinerjanya.
13. Kulkas di dapaur itu berisi berbagai makanan ada gado-gado, ikan goreng, sambal, spageti, dan rujak. 

Demikian Pengertian dan contoh majas klimaks lengkap. Diharapkan dapat membantu kalian dalam menyelesaikan tugas dari sekolah maupun untuk menambah ilmu pengetahuan kalian dalam menggunakan majas klimaks. Silakan kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net untuk mendapatkan artikel bermanfaat lainnya tentang materi pelajaran bahasa Indonesia. Terima kasih 
Contoh Kalimat Majas Klimaks beserta Penjelasan Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5