Contoh Artikel tentang Tempat Pariwisata di Indonesia terbaru

Contoh Artikel tentang Tempat Pariwisata di Indonesia – Artikel adalah Karangan factual yang secara lengkap dan panjang dibuat untuk dipublikasikan dalam surat kabar. Tujuan dari pembuatan artikel adalah untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang diyakini dapat mendidik dan menambah informasi pembacanya. Artikel dapat berisi bermacam-macam informasi, seperti sejarah, petualangan, argumentasi, hasil penelitian, informasi pariwisata dan lain-lain. 

Dalam penulisan artikel ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. Artikel yang menggunakan cara deskripsi adalah artikel yang berisi mengenai suatu hal yang dipaparkan secara rinci agar pembaca seolah-olah merakan dan melihat dengan panca inderanya. Penulisan artikel dnegan cara narasi yaitu artikel yang menceritak suatu hal atau kejadian secara urut dan tuntut.Cara argumentasi merupakan artikel yang bertujuan untuk membuktikan sebuah kebenaran suatu pendapat/ kesimpulan dengan data dan fakta yang menundukung. Cara eksposisi adalah artikel yang berisi penjelasan tentang suatu topic dengan tujuan member informasi atau pengetahuan kepada pembaca. Cara persuasi adalah asrtikel yang bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu seperti yang dipaparkan dalam artikel tersebut. 

Berikut ini adalah contoh artikel tentang pariwisata di Indonesia yang terbaru. 


Contoh Artikel tentang Tempat Pariwisata di Indonesia


Tempat Wisata Paling Seru di Indonesia

Setiap orang, pasti menginginkan saat liburan berada di tempat yang diinginkan, baik sendirian maupun bersama teman atau keluarga. Banyak orang yang lebih memilih tempat wisata yang alami dengan alasan jenuh akan rutinitas atau kesibukan perkotaan. Tak heran bila ternyata tempat-tempat yang bernuansa alami menjadi incaran para wisatawan. Tapi, di mana tempat yang menakjubkan atau yang tidak biasa untuk dikunjungi? Yang pastinya tidak perlu jauh-jauh keluar negeri. Nah, berikut ini akan dipaparkan beberapa tempat wisata yang nantinya bisa kamu jadikan bahan referensi saat liburan tiba. 

Indonesia adalah daerah tropis yang memiliki banyak tempat wisata yang bagus dan menarik untuk dikunjungi. Kita akan berkeliling Indonesia hanya dengan membaca. Kita akan mulai dari Jogjakarta. 

Jogjakarta. Siapa yang tidak mengenal kota Jogjakarta? Kota yang terkenal dengan pendidikannya dan kawasan Malioboro. Tapi, saat ini mulai terkuak bahwa banyak tempat wisata alam yang ada di kota Jogjakarta. Salah satunya adalah Hutan Pinus Mangunan. Hutan Pinus Mangunan adalah kawasan hutan yang dipenuhi oleh pohon pinus. Hutan ini terletak tak jauh dari Imogiri. Kawasan itu memiliki ribuan pohon pinus yang berdiri tegak dan berbaris dengan rapi. Hutan pinus ini menjanjikan ketenangan, pemandangan yang indah untuk selfie, setting untuk pre wedding, dan hanya untuk sekedar bersantai mencari udara segar. 

Hutan Pinus Mangunan terletak di Dlingo, Mangunan, Bantul Jogjakarta. Lokasi ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja. Tiket masuk yang ditawarkan juga tidak mahal. Kalian hanya perlu membayar seharga Rp3000 untuk biaya parkir motor dan Rp10.000 untuk biaya parkir mobil. 

Tak jauh dari Jogjakarta kita menuju Kulonprogo. Tempat wisata yang tak kalah menarik dari Hutan Pinus Mangunan adalah Kedung Pedut. Kedung Pedut adalah tempat wisata air alami yang menyediakan banyak wahana. Mulai dari yang menantang nyali hingga yang hanya untuk bersantai saja. Kedung Pedut menjadi sangat istimewa karena air yang mengalir berwarna biru kehijauan dan berasal dari air terjun setinggi 15 meter. Selain itu, letak Kedung Pedut yang berada di daerah perbukitan akan lebih menantang kita untuk lebih jauh mengenal tempat wisata tersebut. 

Saat kita sudah berada di daerah Kedung Kedut, dari kejauhan kita akan melihat kolam-kolam air yang bertumpuk-tumpuk berwarna toska. Kalian dapat melihat pemandangan yang indah dan berbagai bangunan dari gardu pandang yang berada diketintinggain lebih dari 3 meter. Kedung Kedut juga menyediakan tempat pemandingan dari air pancuran tujuh sumber untuk menyegarkan pikiran dan suasana hati. Lokasi tempat wisata ini terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. 

Selain tempat wisata di atas, ada juga wisata alam yang terdapat di kota Bandung, Jawa Barat. Meski terkenal dengan kota fashion, Bandung juga tidak ketinggalan dalam keikutsertaannya menyediakan tempat wisata alam yang manarik untuk dikunjungi. Selain Lembang dan Gunung Tangkuban Perahu, ada juga wisata alam yang harus dikunjungi yaitu Situ Patenggang. Situ Patenggang merupakan salah satu tempat wisata alam yang banyak dicari oleh wisatawan. Situ Patenggang merupakan sebuah danau yang sangat indah. Tempat ini menyediakan yang menenangkan hati dan pikiran, suasana romantic, udara sejuk, dan suara kemercik air serta burung-burung juga akan menambah suasana tenang di danau Situ Patenggang. Lokasi danau ini terletak di Jalan Raya Ciwidey – Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Jawa Barat. 

Nah, dari berbagai tempat wisata di atas, manakah yang menjadi tujuanmu di akhir pecan atau saat liburan tiba? Dengan mengunjungi tempat wisata di atas, kita tidak perlu pergi keluar negeri dan menghabiskan banyak uang. Dengan mengunjungi salah satu destinasi yang ada di Indonesia kita juga secara tidak langsung ikut melestarikan dan ikut berpastisipasi dalam mengembangkan nama baik bangsa Indonesia. 


Demikianlah Contoh artikel tentang pariwisata Indonesia terbaru. Diharapkan dengan membaca artikel ini kalian dapat memahami cara penulisan artikel dan isi artikel akan membuat kalian mengetahui pariwisata terbaru di Indonesia saat ini. Jangan lupa kunjungi blog kami bi bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel lainnya tentang materi pelajaran bahasa indonesia. Terima kasih 
Contoh Artikel tentang Tempat Pariwisata di Indonesia terbaru | ikhwan mukhlisi | 5