Contoh Teks Wawancara tentang Ekonomi Indonesia Terbaru

Bahasa IndonesiakuContoh teks wawancara tentang ekonomi Indonesia  – Untuk mendapatkan sebuah informasi yang kita butuhkan, kita perlu melakukan wawancara terhadap seorang yang layak menajdi narasumber kita. Mengapa kita harus melakukan wawancara? Karena, wawancara merupakan kegiatan bertanya jawab antara dua orang atau lebih untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Wawancara dibagi menjadi tiga bentuk berdasarkan cara melakukannya, yaitu wawancara terpimpin, wawancara bebas, dan wawancara bebas terpimpin. Bentuk wawancara bebas adalah di mana kita dapat kapan saja melakukan wawancara dan di mana saja. Wawancara terpeimpin merupakan wawancara yang semuanya (waktu, tempat, dan pertanyaan) telah disiapkan terlebih dahulu. Wawancara bebas terpimpin merupakan wawancara yang sebagian pertanyaannya telah ditentukan dan selebihnya improvisasi berdasarkan jawaban dari narasumber.

Contoh teks wawancara tentang ekonomi Indonesia terbaru – Dengan melakukan wawancara, kita dapat menentukan pertanyaan demi pertanyaan yang berkaitan dengan informasi yang kita butuhkan. Dalam wawancara orang bertugas mengajukan pertanyaan dinamakan pewawancara atau yang sering kita sebut dengan wartawan. Selain itu, seseorang yang menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh wartawan adalah narasumber. 

Perhatikan contoh berikut ini untuk lebih jelasnya.


Contoh teks wawancara tentang ekonomi Indonesia terbaru


Pewawancara : Selamat siang Pak Joko, saya Jelita yang sebelumnya telah membuat janji dengan Anda. Apa bisa saya memulai wawancara saya?

Narasumber : Selamat siang juga Dik Jelita. Baik wawancara bisa dimulai. Apa yang ingin Anda ketahui?

Pewawancara : Seperti yang kita ketahui bahwa nilai rupiah mulai meningkat. Bagaimana pendapat Anda?

Narasumber : Meningkatnya nilai rupiah jelas membuat senang para pemegang saham dan masyarakat Indonesia sendiri. Meski nilai perubahan yang terjadi tidak begitu signifikan yaitu yang semula Rp13.000 menjadi Rp12.984, namun nilai ini setidaknya membut kita dapat bernapas sejenak. Karena bisa aja nilai itu melemah begitu saja.

Pewawancara : Kapan nilai mata uang rupiah itu terjadi?

Narasumber : Nilai mata uang yang semula Rp13.000 menjadi Rp12.984 terjadi pada minggu lalu tepatnya tanggal 4 Maret 2016. 

Pewawancara : Sebenarnya hal apa saja yang dapat mempengahuri meningkatan dan melemahnya nilai mata uang rupiah ?

Narasumber : Banyak faktor yang mempengaruhi kenaikan atau melemahnya nilai mata uang rupiah terhadap dollar. Salah satu adalah perekonomian di dalam negeri yang kurang mapan. Perbandingan kenaikan harga eksport dan import. Kebijakan tingkat suku bunga. Tingginya tingkat implasi. Sedangkan yang melemahkan adalah adanya pelarian modal pasar di Indonesia yang dikuasai oleh pihak asing.  Secara tidak langsung, saat nilai mata uang rupiah menurun atau melemah, investor akan keluar dari Indonesia dan enggan untuk membangun bisnis di Indonesia.

Pewawancara : Dari banyak faktor yang ada, apakah faktor luar juga akan mempengaruhi melemahnya dan meningkatnya nilai rupiah?

Narasumber : Tentu saja, faktor luar yang mempengaruhi adalah perekonomian yang ada di luar negeri itu sendiri. Saat negara-negara maju dan berkembang mengalami krisis atau kerusuhan dapat juga menjadi faktornya. 

Pewawancara : Adakah dampak yang akan dirasakan oleh masyarakat tentang melemahnya atau meningkatnya nilai rupiah?

Narasumber : Pasti akan ada dampak yang dirasakan baik langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat seperti bahan baku dan biaya impor akan ikut meningkat. Defisit APBN yang juga akan ikut meningkat.

Pewawancara : Baiklah, informasi yang diberikan kepada saya sudah cukup Ibu. Terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada saya. 

Narasumber : Iya, sama-sama. Terima kasih telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menjadi narasumber Anda. 

Berdasarkan contoh teks wawancara di atas, dapat dilihat bahwa bentuk wawancara di atas adalah wawancara bebas terpimpin. Bentuk wawancara ini ditandai dengan adanya perjanjian sebelum melakukan kegiatan wawancara dan adanya beberapa pertanyaan yang diajukan berdasarkan teks dan jawaban dari si narasumber. 

Demikian Contoh artikel tentang pariwisata Indonesia terbaru. Diharapkan dengan membaca tulisan ini kalian akan memahami dalam membuat daftar pertanyaan yang berkaitan dengan ekonomi. Setiap pertanyaan akan berkaitan dengan informasi apa yang diharapkan. 
Contoh Teks Wawancara tentang Ekonomi Indonesia Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5