2 Contoh Esai Bahasa Indonesia tentang Media Sosial Terbaru

Bahasa indonesiaku2 Contoh esai bahasa Indonesia tentang media sosial terbaru - Esai merupakan jenis tulisan yang membahas secara spesifik mengenai objek permasalahan tertentu, esai biasanya mengandung ide, gagasa, atau pendapat dari penulisnya dengan memberikan alasan tertentu. Esai bisa membahas banyak hal seperti mengenai kenakalan remaja, dll. Pada umumnya sudah banyak sekali contoh esai yang membahas tentang sisi negatif sosial media, namun ada baiknya kita menulis contoh esai tentang manfaat media sosial atau sisi positif media sosial. Berikut ini merupakan contoh esai tentang internet media sosial.


Contoh esai tentang media social (social media)

1. Contoh esai bahasa Indonesia tentang manfaat media sosial


Media sosial kini merupakan salah satu mesin pencari uang

Bisnis memang merupakan salah satu cara yang tepat untuk bisa menghasilkan uang dengan jumlah yang banyak namun dalam waktu yang singkat. Namun sayangnya untuk memulai bisnis tentu saja tidak hanya membutuhkan modal barang saja. Tidak hanya sekedar harus memikirkan apa yang akan di jual dan siapa targetnya. Lebih dar i itu bisnis juga memerlukan modal yang lebih besar lagi yakni dimana kita memerlukan tempat untuk menjual barang. Biasanya tempat tersebut bisa di dapatkan dengan cara menyewa, atau membeli toko. Tidak sedikit pula yang untuk sementara memulai bisnisnya dengan membuka lapak.

Namun sekarang itu bukan lagi sebuah hambatan. Tidak memiliki barang yang harus di jual atau bahkan tidak punya lapak atua tokopun tetap bisa berbisnis. Caranya? Tentunya dengan menjadi reseller dan menjualnya melalui media sosial.

Facebook, twiiter, IG, dan jenis media sosial lainnya tentu saja bisa di akses dengan mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar. Anda hanya perlu membeli kouta saja untk tetap mengaktifkan media sosial anda. Memahami facebook, twitter, IG dan media sosial lainnya tentu saja bukan hal yang sulit. Bahkan dengan mudah bisa di pelajari. Lalu, masih ingin menunda untuk mulai berbisniskah?

Lebih dari itu, tidak hanya banyak penjual saja yang memilih berbisnis melalui media sosial, bahkan pembelipun banyak yang lebih senang membeli di media sosial. Banyak sekali alasannya. Pertama tentu saja karna lebih praktis, bisa belanja kapanpun dan dimanapun. Tidak seperti belanja secara langsung yang tentu saja harus langsung ke toko yang bersangkutan dan juga harus berbelanja di jam tertentu saja. Di media sosial 24 jam kita bisa membeli barang yang kita inginkan. Hanya dengan membuka google saja kita bisa langsung mendapat barang yang kita cari.

Alasan kedua memilih belanja di media sosial adalah karna harga yang sama dengan harga jual toko biasa. Dengan demikian, berbelanja di media sosial tentu akan lebih mengirit pengeluaran. Berbeda dengan belanja secara langsung, selain bensin dan waktu, anda juga tentu akan mengeluarkan uang untuk sekedar melepas dahaga. Jadi, kapan mulai berbisnis di media sosial yang kini menjadi meskin mencetak uang?



2. Contoh esai bahasa Indonesia tentang sisi positif media sosial


Media sosial sebenarnya tidak hanya memiliki sisi negatif saja


Banyak orang cenderung lebih melihat dan merasakan sisi negatif dari media sosial. Padahal, tentu saja media sosial di adakan untuk memberikan kemudahan tertentu pada penggunanya. Dengan kata lain media sosial pada hakikinya memiliki fungsi positif. Namun menjadi banyak sekali fungsi negatif, bukan karna media sosial itu sendiri tapi karena penggunanya yang tidak memanfaatkan media sosial sesuai dengan porsinya.

Di media sosial tentu saja kita bisa dengan mudah mencari informasi apapun yang kita inginkan. Untuk pencari beasiswa, cara yang paling ampuh mencari informasi beasiswa tentu saja dengan mengakses media sosial, dan berteman sebanyak mungkin dengan banyak orang yang juga bisa di mudahkan melalui media sosial.

Medis sosial juga memudahkan kita mendapat pekerjaan. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang kini lebih memilih menerima lamaran melalui sistem online. Lalu, masihkan media masa hanya di pandang sisi negatifnya saja? Semua tentu saja tergantung kita sebagai penggunanya. Dengan demikian gunakanlah media sosial dengan fungsi yang baik agar kita juga merasakan dan mendapatkan sisi positifnya. Dengan kata lain yang membuat media sosial menjadi negatif adalah karna kita sendiri.

Demikian tadi 2 contoh esai tentang media sosial yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa kunjingi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel bermanfaat lainnya yang bisa kalian jadikan referensi belajar materi bahasa Indonesia. Terimakasih.
2 Contoh Esai Bahasa Indonesia tentang Media Sosial Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5