Contoh Esai Argumentasi tentang Kesehatan Terbaru

Bahasa indonesiaku – Contoh easi argumentasi tentang kesehatan – pada kesempatan ini kita akan membahas tentang esai argumentasi. Esai merupakan karya tulis yang membahas objek tertentu secara spesifik. Esai didalamnya mengandung pendapat dari penulis yang ditujukan kepada pembaca. Esai memiliki berbagai macam jenis salah satunya adalah esai argumentasi. Berikut ini merupakan contoh esai argumentatif tentang bahaya rokok bagi perokok pasif.


Contoh esai argumentasi tentang kesehatan 


Perokok pasif memiliki kemungkinan lebih besar untuk terjangkit penyakit paru-paru

Merokok bagi lebih dari 50% masyarakat dunia merupakan kegiatan yang tak bisa ditinggalkan. Tidak sedikit yang bahkan lebih rela tidak makan dari pada tidak bisa merokok. Hal ini tentu saja menjadi adanya ketergantungan yang berlebihan pada pengkonsumsi rokok. Bagi mereka, mengurasi 1 batang rokok lebih sulit dari pada tidak makan sama sekali. Namun jika menambah jumlah batang rokok perharinya, itu justru menambah kenikmatan tersendiri. Mereka seakan tidak peduli banyaknya dampak negatif dalam tubuhnya ketika mereka menghisap rokok. 

Lalu jika tahu bahwa perokok pasif justru memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk terjangkut paru-paru dibandingkan dengan perokok aktif itu sendiri, masihkan mereka akan sembarangan merokok? Jika yang merupakan perokok pasif adalah orang lain, mungkin bukan masalah bagi mereka, namun jika ternyata perokok pasif itu adalah keluarga atau anak sendiri, bagaimana?

Tidak sedikit bayi meninggal akibat ayahnya yang sembarangan merokok. Anda boleh tidak peduli dengan diri anda sendiri saat anda menjadi pengkonsumi rokok yang bahkan menjadi ketergantungan, tapi fikirkan orang–orang disekitar anda!. 

Perokok pasif memang lebih memungkinkan terjangkit penyakit atau kerusakan paru-paru dibanding dengan perokok aktif. Hal ini dikarenakan asap rokok mengandung bahan berbahaya bagi tubuh khususnya bagi paru-paru. Sedangkan asap yang di keluarkan oleh perokok tentu saja lebih banyak dari pada asap yang dihisap pleh perokok aktif. Inilah yang menyebabkan perokok pasif justru lebih memungkinkan untuk lebih mudah terjangkit penyakit paru-paru. 

Hal ini tentu saja diketahui oleh perokok aktif, namun tidak sedikit pula dari mereka yang memilih untuk mengabaikannya. Sadar atau tidak, anda membiarkan uang anda terbakar bersama rokok yang juga seakan mengizinkan tubuh anda untuk terkena penyakit karenanya. 

Tapi lagi-lagi yang menjadi masalah adalah karna tidak adanya kesadaran pada perokok itu sendiri. Lihat saja bagaimana perokok dengan mudah bisa kita temui diberbagai tempat umum, bahkan transportasi umum seperti angkot, kereta, bis, serta tempat umum lainnya. para perokok sama sekali tidak terlihat canggung meski ia duduk berdekatan dengan ibu-ibu, nenek,-nenek, atau bahkan bayi. Mereka tetap asyik dengan kepulan asap di mulutnya tanpa ingin mempertimbangkan akibatnya.

Oleh karena itu perlu sekali adanya kesadaran yang kuat pada diri perokok khususnya agar minimal tidak merokok di sembarang tempat. Lebih baik lagi jika bisa mengurangi kadar rokok yang di konsumsi sedikit demi sedikit. Karna tentu saja kesehatan sangat mahal sekali harganya. Ada nilai yang tidak bisa di bayar dari kesehatan yang memang tak ternilai harganya. Dan tentunya ada rasa menyesal yang tidak akan hilang jika sampai terjadi yang tidak di inginkan pada keluarga anda hanya karna menjadi perokok pasif dari anda yang seakan cuek saja dengan lingkungan. Padahal, tentu saja anda sangat menyadari bahwa tidak hanya diri anda yang akan terancam kesehatannya tetapi juga orang terkasih anda.

Dengan demikian, sayangilah diri anda dan orang-orang disekitar anda. Jangan sampai mereka yang tidak mengkonsumi rokok menanggung akibat dari anda sebagai perokok. Rokok itu sendiri memang mengandung banyak sekali dzat yang berbahaya bagi tubuh. Inilah yang membuat asap rokok yang menempel di baju juga akan berbahaya jika dihisap oleh perokok pasif khususnya anak-anak.  Maka dari itu kurangilah merokok atau minimal jangan merokok di sembarang tempat.

Demikianlah contoh esai argumentasi tentang kesehatan yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat ya. Silakan baca artikel terkait lainnya di bahasaindonesiaku.net ada banyak sekali artikel yang membahas materi pelajaran Bahasa Indonesia. Terimakasih. 
Contoh Esai Argumentasi tentang Kesehatan Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5