3 Contoh Karangan Argumentasi tentang Pendidikan Terbaru

Bahasa IndonesiakuContoh karangan argumentasi tentang pendidikan - Karangan argumentasi merupakan salah satu jenis karangan dalam Bahasa Indonesia yang di dalamnya mengandung penyampaian ide atau gagasan dari pembaca. Adapun ciri-ciri dari karangan argumentasi adalah sebagai berikut:
  1. Terdapat pendapat tertentu dari penulis mengenai suatu topik yang sedang dibahas.
  2. Penulis biasanya memberikan alasan dari setiap argumen yang disampaikan.
  3. Mengingat isi dari karangan ini adalah untuk menyampaikan pendapat, maka dalam hal ini penulis tentu saja akan berusaha meyakini pembaca.
  4. Pengarang menghindari konflik keterlibatannya saat menyampaikan pendapat. 

Untuk memudahkan kita dalam memahami karangan argumentasi, berikut ini saya akan memberikan 3 contoh karangan argumentasi tentang pendidikan. Yuk kita simak bersama.


Contoh karangan argumentasi tentang pendidikan

Contoh karangan argumentasi tentang pendidikan 1


Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa

Pendidikan disekolah saja tentu saja tidak cukup bagi generasi muda. Karna yang diharapkan bagi negara adalah bukan hanya generasi yang pintar secara pengetahuan tetapi juga memiliki pengetahuan yang lebih dari segi akhlak atau agama yang juga diaplikasikannya melalui perbuatan. Dengan demikian, pendidikan karakter ini sangatlah penting di pupuk sejak dini pada diri siswa. Dengan dibiasakan mengikuti kegiatan yang agamis, tentu saja anak juga akan tumbuh menjadi pribadi dengan akhlak yang baik. Pendidikan karakter ini bisa di bentuk di sarana pendidikan yang dapat membentuk karakter generasi muda yang agamis yakni segala tempat yang menyediakan kegiatan berbau agama. Di tempat tersebut siswa nantinya akan belajar banyak hal, contohnya seperti mengaji, solat, serta mengenal apa yang halal dan haram bagi umat islam. Dengan memiiki pendidikan karakter yang mempuni, tentu saja ini akan menjadi benteng bagi siswa agar tidak melakukan hal yang tidak sesuai dengan norma. 

Contoh karangan argumentatif tentang pendidikan 2


Tidak Stabilnya Penggunaan kurikulum di Indonesia

Perubahan kurikulum di indonesia tentu saja menciptakan kebingungan tersendiri pada pihak sekolah terutama murid. Apalagi mengingat saat ini saja, semua sekolah di indonesia memiliki kurikulum yang berbeda. Padahal, kesetaraan penggunaan kurikulum yang diterapkan tentu saja baik bagi siswa. Tidak sedikit pula sekolah yang belum cukup fasilitasnya menggunakan kurtilas atau kurikulum 2013 yang tentu saja lebih cocok digunakan oleh sekolah yang sudah berkembang. Ini tentunya membuktikan bahwa masih banyaknya sekolah yang tidak sesuai menggunakan kurikulum dengan fasilitas yang ada disekolah. tidak sedikit juga sekolah yang ikut-ikutan mengikuti perubahan kurikulum yang sedang trand di dunia pendidikan tanpa berfikir cocok atau tidaknya kurikulum tersebut digunakan disekolah tersebut. Dengan demikian, penggunaan kurikulum disekolah haruslah stabil serta disesuaikan dengan kemampuan sekolah yang bersangkutan.


Contoh karangan argumentasi tentang pendidikan 3

Pentingnya Pendidikan Minimal 12 Tahun Bagi Siswa

Pendidikan tentu saja sangat penting bagi membangun anak bangsa yang tidak hanya pintar tetapi juga intelek dan berwawasan luas. Pendidikan bisa merubah kehidupan, karna pendidikan juga merupakan salah satu jalan mendapatkan pekerjaan. Dengan demikian, pendidikan haruslah ditempuh oleh generasi indonesia, sekurang-kurangnya 12 tahun atau hingga tingkat SMA. Dengan pendidikan minimal SMA ini tentu saja akan mempermudah siswa lulusan SMA mendapatkan pekerjaan. Apalagi saat ini tidak sedikit perusahaan yang minimal hanya membuka pekerjaan bagi lulusan SMA. Lebih dari itu, banyak juga yang bahkan hanya memperbolehkan pelamar yang memiliki pendidikan minimal S1 untuk bekerja. Dengan demikian, pendidikan minimal 12 tahun ini sangat penting. Apalagi, pemerintah sudah menggratiskan biaya sekolah hingga pada jenjang SMA. Lebih dari itum pemerintah juga menyediakan berbagai macam beasiswa bagi siswa berprestasi hingga dapat melanjutkan pendidikannya ke tingkat universitas. Hal ini tentu saja tidak bisa di tempuh jika hanya memiliki pendidikan pada tingkat SMP saja. Dengan demikian, peluang besar dari pemerintah ini tentu saja harus dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda, karna tidak dapat di pungkiri bahwa pendidikan merupakan salah satu jalan yang bisa di tempuh untuk meraih kesuksesan. 

Demikian tadi tiga contoh karangan argumentasi tentang pendidikan terbaru yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel lainnya yang membahas tentang pelajaran bahasa indonesia lengkap dengan contohnya, sehingga memudahkan kalian dalam belajar. Terimakasih. 
3 Contoh Karangan Argumentasi tentang Pendidikan Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5