3 Contoh Karangan Eksposisi tentang Kesehatan Terbaru

Bahasa IndonesiakuContoh karangan eksposisi tentang kesehatan – pengertian atau definisi karangan eksposisi ialah karangan yang berisi informasi dari penulis kepada pembaca. Karangan eksposisi di dalamnya mengandung ide, gagasan serta pendapat dari penulis mengenai informasi yang disampaikan. Karangan eksposisi bisa dibuat dalam berbagai macam topik pembahasan seperti mengenai kesehatan. Dalam artikel sebelumnya saya telah memberikan contoh karangan eksposisi tentang pendidikan. Berikut ini merupakan contoh karangan eksposisi tentang kesehatan tubuh.

Contoh karangan eksposisi tentang kesehatan


1. Manfaat olahraga bagi tubuh

Olah raga merupakan kegiatan yang dilakukan dengan menggerakan tubuh tertentu. Olah raga tentu saja memiliki porsi serta aturan tertentu yang harus di perhatikan saat melakukan kegiatan yang melibatkan otot dan syaraf ini. Salah saja tentu akat mengakibatkan hal yang ringan hingga berat bagi tubuh kita. olah raga memiliki banyak sekali fungsi yang baik bagi tubuh, salah satunya adalah bisa menjaga kekebalan tubuh.

Dengan sering melakukan olah raga secara rutin, tentu saja akan membuat tubuh terbiasa melakukan gerakan. Dengan demikian, tubuh anda tidak akan kaget jika harus melakukan aktifitas yang banyak. Olah raga bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti lari yang akan melatih kekebalan tubuh, kekencangan kulit serta melatih pernafasan. Untuk memudahkan pertumbuhan tulang, orang raga yang paling tepat adalah renang. Olah raga yang satu ini paling banyak digemari karna dianggap kegiatan yang juga seperti bermain. 

Untuk mengencangkan perut, sit up merupakan olah raga yang tepat. Sit up juga dapat mengecilkan perut yang buncit. Lebih dari itu olah raga jenis apapun itu tentu saja dapat membantu memudahkan pembakaran lemak serta kalori yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Dengan demikian, olah raga sangatlah penting agar tubuh tidak mudah lelah. Olah raga juga salah satu cara yang bisa di upayakan agar tidak mudah terserang penyakit.

Contoh karangan eksposisi tentang kesehatan 2


2. Pentingnya Mengkonsumsi Buah-buahan dan Sayuran Secara Rutin 

Dari banyaknya jenis makanan, daging acam kali menjadi makanan pilihan yang sering banyak di konsumsi masyarakat. Boleh saja, namun ada kadar tertentu yang harus di perhatikan karna tentu saja daging merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak koresterol. Lebih dari itu daging sangat sulit sekali di cerna. Namun ada makanan yang dapat mempermudah proses pencernaan dan bahkan menyehatkan saluran pencernaan manusia, yakni buah-buahan serta sayuran.

Buah-buahan dan sayuran memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh. Kandungan vitaminnya yang banyak bisa membantu melancarkan pencernaan. Seperti halnya buah pepaya. Lebih dari itu, ada juga buah-buahan yang dapat mempercantik kulit anda seperti alpukat dan tomat. Dengan demikian, mengkonsum buah-buahan sangatlah penting bagi tubuh. 

Selain buah-buahan, sayuran juga sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia. Dengan mengkonsumi sayuran, daging yang anda konsumi tentu saja akan diseimbangkan oleh dzat yang terkandung dalam sayuran. Dengan demikian, kemudaan pada saluran pencernaan juga akan anda rasakan. Beberapa sayuran juga baik bagi penghilatan seperti halnya wortel. 

Contoh karangan eksposisi tentang kesehatan 3


3. Menjaga Kebersihan Merupakan Salah Satu Upaya Menjaga Kesehatan

Kesehatan acap kali hanya disangkut pautkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan makanan. Hal ini dikarenakan makanan merupakan benda hidup utama yang menjadi bagian dari tubuh. Padahal faktor luar juga sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Faktor luar tersebut adalah kebersihan lingkungan. 

Banyak contoh terjadi dari lingkungan yang kotor pada akhirnya menimbulkan bibit penyakit sehingga berkembanglah banyak nyamuk di sekitarnya. Setelah itu, terjadilah musim demam berdarah. Ini tentu saja bukan lagi rahasia umum, semua orang tahu akan hal ini. Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan sama halnya dengan menjaga kesehatan. Oleh karena itu, kita harus rutin membersihkan lingkungan disekitar agar terciptanya kebersihan disekitar kita. dengan lingkungan yang bersih juga akan memperlancar pernafasan karna menghirup udara yang tidak kotor di dalam tubuh. 

Demikianlah tiga contoh karangan eksposisi tentang kesehatan. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam mempelajari pengertian karangan eksposisi beserta contohnya. Silakan kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net untuk mendapatkan artikel lainnya yang menjelaskan tentang pelajaran bahasa Indonesia lengkap dengan contohnya. Terimakasih. 
3 Contoh Karangan Eksposisi tentang Kesehatan Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5