3 Contoh Karangan Eksposisi tentang Lingkungan Hidup Terbaru

Bahasa Indonesiaku3 contoh karangan eksposisi tentang lingkungan hidup - Memberikan infomasi kepada pembacanya merupakan salah satu tujuan dari karangan eksposisi. Dengan kata lain, karangan eksposisi itu sendiri merupakan karya tulisan yang berisi ide, gagasan, serta pendapat penulis yang berisi informasi kepada pembaca. Karangan eksposisi yang bersifat informatif ini dengan demikian bisa memberikan informasi yang mencakup segala hal, termasuk mengenai lingkungan hidup. Berikut ini merupakan contoh karangan eksposisi tentang lingkungan hidup:

Contoh karangan eksposisi tentang lingkungan hidup terbaru


Contoh karangan tentang lingkungan hidup 1

Sungaiku Tak Sejernih Dulu

Sungai Cibuni merupakan salah satu sungai yang berada di daerah tempat tinggalku tepatnya di Kecamatan Cikancung, kabupaten Bandung. Dulu sungai Cibuni ini menjadi salah satu sumber air di desa kami. Sungai kami sangat jernih. Kami bahkan bisa melihat bebaturan serta ikan yang berenang didalamnya dengan jelas. Inilah yang membuat sungai kami juga dijadikan sumber mata air. 

Sayangnya sungai kami kini tak sejernih dulu. Tidak bertanggung jawabnya orang-orang tertentu yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan pada akhirnya membuat sungai kami tidak hanya bukan lagi menjadi sumber mata air, tapi memiliki fungsi lain yang bertolak belakang dengan sebelumnya, yakni sebagai tempat pembuangan sampah. 

Sungai tentu saja tidak hanya merupakan salah satu kekayaan alam yang keindahannya bisa di nikmati. Lebih dari itu, sungai bisa di analogikan layaknya organ tubuh manusia yang jika hilang maka sakitlah sudah tubuh ini. Sungai yang didalamnya hidup banyak jenis ikan juga tentu saja bisa menjadi sumber nafkah. Lebih dari itu sungai merupakan salah satu awal mulanya danau, air terjun, bahkan laut, jadi jika tidak ada sungai, otomatis indonesia juga akan kehilangan beberapa keindahan air terjun, danau dan lautnya. 

Contoh karangan tentang kerusakan hutan 2

Hutan Bukan Lagi Jantung Kehidupan Bagi Manusia

Sepenuhnya manusia sadar bahwa hutan merupakan salah satu sumber kehidupan. Lebih dari itu adanya hutan tentu saja bisa menyelamatkan manusia dari mara bahaya. Salah satunya adalah bisa menahan agar tidak terjadi banjir. Sekali lagi, manusia tentu sangat menyadari hal itu. Tapi kesadaran itu tidak diimbangi dengan tanggung jawab berupa tindakan. 

Lihatlah ketika dengan mudah oknum tidak bertanggung jawab menebang pohon sembarangan. Lebih dari itu, mungkin masih hangat dalam ingatan ketika terjadi kabut asap akibat hutan yang di bakar. Kabut asap yang bahkan sampai hingga ke negara tetangga. Hal ini tentu saja tidak hanya menjadi hal yang memalukan bagi negri ini, lebih dari itu banyak orang-orang yang tidak bisa menjalankan aktifitas seperti biasanya dikarenakan kabut asap tersebut. 

Hutan ibarat jantung kehidupan, jantung dunia. Tapi fungsi hutan tersebut seakan tidak lagi bernilai bagi manusia. Mereka tetap dengan tindakannya yang merugikan banyak pihak tanpa memikirkan bagaimana dampaknya bagi banyak orang.


Contoh karangan tentang pencemaran laut Indonesia 3

Laut Indonesia Terancam Punah Keindahannya

Laut merupakan salah satu keindahan khas indonesia. Ketika banyak sekali benua yang tidak memiliki samudra, lihatlah bagaimana indonesia yang indah dengan dua samudra mengelilinya. Lebih dari itu, indonesia merupakan negara terkaya akan flora dan faunanya. Lalu apa yang di lakukan rakyat indonesia dengan segala keindahan itu?

Jangankan samudra, laut saja sudah berkurang keindahannya. Sungai yang mulai berkurang karna beralih fungsi menjadi tempat pembuangan sampah, akhirnya membuat manusia tak segan membuang sampah di danau yang kemudian mengalir di lautan. Bahkan tidak sedikit yang berani membuang sampah secara langsung di laut. 

Kini laut indonesia tak sebiru dulu. Tidak hanya sampah yang berserakan yang mengurangi kebiruan lautan, tapi banyak juga pemboman yang pastinya mengubah warna bahkan dzat yang terkandung di dalam airnya. Lautan indonesia, mulai tercemar. Mereka yang sedang tanpa berfikir panjang merusak keindahan indonesia memang hanya mementingkan kesenangan pribadi.

Demikianlah beberapa contoh karangan eksposisi tentang lingkungan hidup. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian dalam mencari referensi belajar. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel bermanfaat lainnya yang membahas pelajaran bahasa Indonesia lengkap dengan contoh-contohnya. Terimakasih
3 Contoh Karangan Eksposisi tentang Lingkungan Hidup Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5