Contoh Artikel Singkat tentang Globalisasi Terbaru

Bahasa Indonesiaku Contoh artikel tentang globalisasi terbaru – Pada kesempatan ini, kami akan mencoba memuat artikel tentang globalisasi.  Yuk kita simak langsung seperti apa isi artikelnya

Contoh artikel tentang globalisasi terbaik


Contoh artikel tentang efek globalisasi terhadap kehidupan kita


Globalisasi merupakan era dimana dunia ini mengalami banyak perkembangan. Modernisasi merupakan salah satu contoh dimana globalisasi mulai banyak mengubah gaya hidup masyarakat dunia. Gaya hidup yang bahkan bisa mempengaruhi tradisi serta budaya dari negara tertentu. Lalu, sebenarnya apa globalisasi itu hingga memiliki banyak sekali efek yang kuat pada perubahan negara? Apa sajakah dampak yang ditimbulkan dari globalisasi bagi anak, remaja, dan tentunya semua rakyat dunia? Berikut pembahasannya.

Pengertian Globalisasi

Globalisasi merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Inggris. Yakni berasal dari kata “globalize”. Kata globalisasi ini pertama kali dikemukakan definisinya oleh Robertson yang merupakan sosiolog dari universitas Aberdeen yang mengatakan bahwa globalisasi merupakan proses pemerkaya dunia serta kesadaran dunia secara menyeluruh. Pendapat lain juga disampaikan oleh Martin Albrow serta Elizabeth King yang menyatakan bahwa globalisasi merupakan salah satu alat yang dapat menyatukan penduduk dunia. Sementara itu, menurut KBBI itu sendiri, globalisasi adalah proses dimana ruang lingkup dunia mulai masuk pada wilayah tertentu dan memberikan pengaruh yang kuat. Dengan demikian, bisa di simpulkan bahwa globalisasi merupakan proses yang bisa menjadikan sesuatu menjadi satu, yakni satu tradisi, satu budaya, yang berasal dar sekelompok orang dari berbagai negara. Globalisasi tentu saja memberikan banyak sekali dampak positif. Namun globalisasi juga memberikan banyak sisi negatif.

Dampak Positif

1. Bidang informasi
Globalisasi dapat memberikan dampak positif salah satunya pada bidang informasi. Hal ini dirasakan dari banyaknya kemudahan dalam mengakses informasi yang didapat dari perkembangan tekhnologi. Seperti internet yang bisa dengan mudah di akses dimanapun dan kapanpun.

2. Bidang Pendidikan dan teknologi
Selain berpengaruh pada bidang informasi, globalisasi juga berpengaruh pada pendidikan. Sudah tidak jarang tentunya mendengar banyaknya orang indonesia yang bisa melanjutkan pendidikannya di luar negri. Atau sebaliknya, tidak sedikit pula orang asing memilih melanjutkan study nya di luar negeri. Inilah yang akan mempengaruhi pola fikir manusia dan mempengaruhi juga pendidikannya. Globalisasi juga dapat berpengaruh pada tekhnologi. Dengan adanya tekhnologi, tentu saja memudahkan banyak orang agar bisa berkomunikasi tanpa harus bertemu secara langsung. Tekhnologi juga memudahkan mereka untuk mencari informasi sebanyak mungkin yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, mengingat saat ini wifi bisa dengan mudah ditemukan di tempat umum. 

3. Bidang ekonomi
Dampak positif dari globalisasi pada bidang ekonomi bisa dilihat dari banyaknya investor asing yang akan mempengaruhi perekonomian negara. Inilah yang juga akan menghasilkan kebijakan ekonomi dari negara bersaing. Inilah yang juga akan meningkatkan taraf hidup masyarakat dibidang ekonomi.

4. Bidang kesehatan
Globalisasi dapat memudahkan berkembangnya bidang pengobatan yang dipengaruhi dari perkembangan tekhnologi. Dengan demikian, mengetahui penyakit yang sulitpun akan mudah.


Dampak Negatif

1. Bidang informasi
Mudahnya mengakses informasi ternyata banyak disalah gunakan oleh masyarakat. Banyak diantaranya yang justru mencari informasi yang tidak lazim. Lebih dari itu pemerintah juga sampai detik ini kesulitan memfilter postingan-postingan media sosial yang tidak seharusnya. Inilah yang membuat informasi tak seharusnya justru masuk dikalangan dengan rentan usia yang belum pada prorsinya.

2. Bidang ekonomi
Hadirnya pasar asing ternyata tidak selamanya memberi pengaruh positif. Secara tidak langsung justru dapat menurunkan produk dalam negri. Anehnya masyarakat indonesia juga lebih mencari produk luar negri yang dianggapnya akan lebih keren. 

3. Bidang sosial
Norma sosial yang masuk dikalangan masyarakat juga banyak yang memberi pengaruh tidak baik seperti menciptakan masyarakat yang cenderung individualis.

4. Bidang kebudayaan
Kemudahan mengakses internet juga memudahkan masuknya budaya luar kedalam negri. Seperti halnya budaya barat, k-pop, serta budaya lain yang justru diambil hal negarifnya oleh generasi bangsa. 

Demikian tadi contoh artikel singkat tentang globalisasi terbaru. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel lannya yang membahas materi tentang bahasa Indonesia yang disertai dengan banyak contoh, sehingga memudahkan kalian dalam belajar. Terimakasih. 
Contoh Artikel Singkat tentang Globalisasi Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5