2 Contoh Teks Diskusi tentang Media Sosial Terbaru

Bahasa Indonesiaku – Contoh teks diskusi tentang media sosial - Teks diskusi merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia yang membahas tentang pokok permasalahan tertentu agar menuai kesepakatan. Struktur dari jenis teks ini yakni berisi isu, argumen mendukung, argumen menantang, kesimpulan/saran. Berikut ini merupakan contoh  teks diskusi tentang media sosial. Yuk kita skiam bersama. 

CONTOH TEKS DISKUSI TENTANG MEDIA SOSIAL


Contoh teks diskusi tentang manfaat media sosial 1


Peran Media Sosial Bagi Remaja

Media sosial di kalangan remaja baknya bumbu-bumu kehidupan. Tana media sosial bagi remaja akan banyak hal yang tidak bisa di lakukan. Media sosial saat ini mulai banyak sekali mengalami perkembangan. Ini bisa di lihat dari banyaknya aplikasi baru di media sosial seperti path, WA, IG, dan masih banyak lagi. Penggunanya juga bisa dengan mudah mengakses media sosial apalagi kini dengan mudah bisa ditemukan wifi dimana mana. Namun yang menjadi pertanyaan, apa dampak media sosial ini bagi remaja?

Tidak sedikit remaja yang bisa sukses di usia muda hanya karna aktif di media sosial. Seperti halnya dengan bisnis online yang di gelutinya. Adanya media sosial tentu saja membantu remaja untuk bisa berbisnis di usia muda tanpa harus menyewa atau membeli lapak atau toko untuk di jadikan tempat berjualan. Dengan demikian ini tentu saja akan menjadi salah satu jalan sukses di usia muda bagi kalangan remaja. Mereka juga bisa memiliki banyak teman dengan mudah.

Namun tidak sedikit pula yang pada akhirnya ketergantungan dengan media sosial hingga lupa segalanya. Banyak siswa yang lupa dengan belajar hanya karna lebih ingat harus membalas pesan kawannya di media sosial. Tidak sedikit juga berita mengenai hilangnya remaja yang ketemuan dengan orang di dunia maya melalui media sosial. Dengan demikian, tentu saja ada dampak positif dan negatif dari media sosial.

Oleh karena itu, sebagai pengguna media sosial kita harus pintar menggunakan media sosial ini. Gunakanlah media sosial sesuai porsi dan fungsinya. Dengan demikian kita bisa merasakan efek positifnya dan mengurasi efek negatif dari media sosial. 


Contoh teks diskusi tentang media sosial 2


Pentingkah Memiliki Media Sosial?

Saat ini memiliki media sosial tentu saja seakan menjadi satu keharusan tertentu. Inilah yang membuat pengguna media sosial tidak hanya merupakan kalangan remaja saja tetapi juga hingga ibu-ibu dan bapak-bapak. Dengan kata lain, media sosial ini mampu membius semua kalangan untuk menjadi bagian darinya, alias menjadi membernya. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah penting memiliki media sosial itu?

Banyaknya perusahaan yang mengharuskan data dikirim via online menjadi salah satu ciri bahwa adanya media sosial memang penting. Zaman yang mulai canggih inipun tentu saja di manfaatkan oleh tenaga kependidikan. Contohnya dengan mengharuskan siswa atau mahasiswanya untuk memposting setiap tugasnya di blog. Mereka juga bisa berinteraksi dengan kawan-kawan serta guru atau dosennya di luar jam sekolah dengan membantuk grup tentu yang di dalamnya adalah rekan kelas serta guru atau dosennya. Ini tentunya akan memberikan kemudahan tersendiri sehingga memiliki akun media sosial menjadi penting dan harus karenanya.

Namun banyaknya pengaruh negatif dari media sosial terkadang mengharuskan kita untuk selektif memilih medis sosial mana saja yang harus kita miliki. Dengan kata lain, jika tidak ada tujuan tertentu, tidak harus memiliki akun media sosial mengingat banyaknya hal negatif yang secara bebas menyebar di media sosial.

Dengan demikian, memiliki media sosial itu bisa di katakan perlu. Tapi gunakanlah sesuai keperluan dan porsinya saja. Kemudian akseslah media sosial juga pada waktu tertentu yang memang di perlukan. Jika tidak, boleh saja kita menggunakan media sosial dengan tujuan untuk sedikit hiburan. Asal tidak sampai ketergantungan. Lagi-lagi, gunakanlah media sosial sesuai porsinya dan manfaatnya saja.

Demikian tadi dua contoh teks diskusi tentang medsos yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari referensi belajar. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel lainnya yang membahas materi bahasa Indonesia dilengkapi dengan banyak contoh. Terimakasih.
2 Contoh Teks Diskusi tentang Media Sosial Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5